Kopdit Pintu Air Berlakukan Penagihan Online

Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakonus Jano. Foto : Ist

Sebagai lembaga pemberdayaan ekonomi masyarakat, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Koperasi Kredit (Kopdit) Pintu Air terus memberikan pelayanan yang super bagi para anggotanya ditengah wabah Corona Virus Deases (Covid-19).

Secara internal, salah satu langkah yang diterapkan untuk mencegah meluasnya wabah Covid-19 adalah dengan menerapkan pola penagihan angsuran secara online memanfaatkan semua fasilitas IT dan media sosial (medsos) yang ada.

Pola ini dianggap efektif untuk meningkatkan komunikasi dengan para anggota yang memiliki pinjaman namun kesulitan untuk mengangsur karena harus tetap berada dirumah selama masa-masa sulit akibat mewabahnya Covid-19

“Jadi petugas lapangan (AO) kita yang selama ini harus mengunjungi rumah anggota untuk menjemput angsuran pinjaman bisa langsung menelpon, SMS, WA dari kantor saja untuk mengingatkan pembayaran angsuran secara online melalui rekening bank kantor cabang yang direkomendasikan ataupun mengajak untuk datang setor dikantor, “ Papar Ketua Pengurus Pusat KSP Kopdit Yakobus Jano kepada www.fortunaexplore.com, Selasa, (24/3).

Melalui petugas AO, anggota juga dihimbau untuk membayar angsuran di kantor dengan jamin pelayanan yang nyaman dan memenuhi anjuran pemerintah yakni ada air cuci tangan, sabun dan jarak antri antara anggota yang memadai.

Selain itu, para karyawan Pintu Air di kantor pelayanan juga siap melayani transaksi anggota dengan Standar Operasional Pelayanan (SOP) yakni menggunakan masker, sarung tangan, membatasi komunikasi  dan tentunya jarak antar anggota dan karyawan yang sesuai anjuran dinas kesehatan.

Untuk kantor-kantor cabang yang ruangannya masih sempit diberlakukan shift pagi dan siang sehingga jarak antara karyawan tidak berpotensi terdampak.

Sementara bagi karyawan di cabang-cabang KSP Kopdit Pintu Air yang berada di daerah pandemi Corona seperti di pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Bali diminta untuk menerapkan pola yang sama dalam tingkat kewaspadaan yang tinggi.

Pengurus Pusat bersama Wakil Walikota Kupang, dr.Herman Man, pengurus dan Manajamen Cabang Oesao. Foto : Majalah Fortuna

Menurut Jano, cara ini dipandang efektif untuk menekan mata rantai penyebaran Corona Virus Deases (Covid-19) dengan tidak mengabaikan apa yang menjadi tugas dan pelayanan manejemen bagi anggota koperasi yang kini berjumlah lebih dari 260.000 orang itu

Yakobus jano juga meminta meminta kepada Dinas Kesehatan di setiap daerah untuk memberikan pelatihan kepada staf lapangan Kopdit Pintu Air untuk menjadi relawan karena setiap hari mereka mengunjungi anggota. Tujuannya  agar mereka dapat membantu memberikan edukasi kepada masyarakat didesa-desa tentang upaya mencegah penyebaran virus corona tersebut termasuk membantu memberikan laporan kepada pemerintah manakala dibutuhkan.(tim/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *