Warga Desa Pedarro dan Ramedue Sabu Raijua Dilatih dan Dibantu Peralatan Kerja Senilai Rp 420Juta

Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke menyerahkan bantuan peralatan kerja kepada perwakilan Kelompok disela-sela kegiatan pelatihan. Foto : Alfons/42na

Pemerintah Daerah Kabupaten Sabu Raijua terus memberdayakan masyarakatnya melalui berbagai kegiatan pelatihan ketrampilan untuk peningkatan pendapatan ekonomi keluarga.

Program kali ini menyasar masyarakat di Desa Pedarro dan Desa Ramedue Kecamatan Hawu Mehara yang tergabung dalam 6 (enam) kelompok. Masing- masing kelompok yang terdiri dari 20 orang anggota itu diberikan pelatihan membuat batu corran batako, paving block, tenun ikat,tata boga dan gula semut.

Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Desa Pedarro itu dibuka oleh Bupati Sabu Raijua, Drs. Nikodemus N. Rihi Heke. M. Si pada Selasa, 10 Desember 2019

Saat itu juga Bupati Rihi Heke menyerahkan bantuan berupa peralatan peralatan sesuai kebutuhan kelompok seperti, mall batako, mall paving block, alat tenun ikat, benang, kompor hock dan lain lain sesuai kebutuhan masing masing kelompok.

Adapun sumber dana untuk pelatihan tersebut berasal dari Dana APBN (Kementrian Tenaga Kerja RI)  sebesar Rp. 420.000.000.

Sementara instruktur kegiatan tersebut yakni dari Pejabat Kementrian Tenaga Kerja RI Gede Wira Pradnya, Camat Hawu Mehara Daniel Logo,SH, Ketua TP PKK Hawu Mehara Ny. Leni Keraba Logo, Kepala Desa Pedarro Aris Bunga,SH, Kepala Desa Ramedue Johanis Bole dan Samuel Uly sebagai intruktur pembuatan Gula Semut.

Sebelum menyerahkan peralatan penunjang kegiatan masing masing kelompok berdasarkan jenis usaha yang ada, Bupati Nikodemus mengajak seluruh anggota kelompok agar memanfaatkan kesempatan dan anggaran yang ada demi peningkatan pendapatan ekonomi keluarga.

Kelompok yang sudah mendapat kesempatan harus membawa dampak positif bagi masyarakat sekitarnya. Hasilnya nanti dapat menunjang kemajuan pariwisata di kabupaten Sabu Raijua, ‘ ujar Bupati Nikodemus .

Dari hasil pelatihan kelompok Tenun Ikat, salah satu Ketua Kelompok memberi penghargaan dengan mengalungkan selendang kepada Bupati Sabu Raijua sebagai tanda ucapan terima kasih atas perhatian Pemerintah kepada kelompok pengrajin Tenun Ikat. (Sumber : Alfons Lay Lena/42na)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *