Semarakan HUT Ke-61 Provinsi NTT, Diaspora NTT di Jakarta Gelar Festival Timorland

Drs. Viktor Manek,M.Si. Foto : Istimewa

Ada cara unik yang digelar berbagai komunitas Nusa Tenggara Timur (Diaspora NTT) di Jakarta menyambut Hari Ulang Tahun Propinsi NTT ke-61 tanggal 20 Desember 2019.

Sebagai warga perantauan, komunitas yang dimotori Anak Timor Hitz Creative bekerjasama dengan Badan Penghubung Provinsi NTT di Jakarta menggelar Timorland Fest (Festival Timorland)

Kegiatan yang digelar hari ini Sabtu (14/12) di Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah,  Jakarta Timur tersebut melibatkan para tokoh, sesepuh dan putra/putri NTT serta seluruh masyarakat Pulau Timor, Rote, Sabu dan Alor yang berdomisili di Jabodetabek.

Adapun rangkaian acara ini menampilkan Pameran lukisan dan foto Kebudayaan Pulau Timor, Penampilan spesial dari Pemusik Sasando yang sudah mendunia Berto Pah, Talkshow Kebudayaan, Kompetisi Dansa serta pameran Kuliner khas Timor

Kegiatan lain yakni Pertunjukan tarian daerah dari sanggar budaya, Tarian massal bersama, Live music dengan menghadirkan talent-talent berbakat dari NTT  diantaranya Hip Hop Kupang (H2K),  Local Trio ft Ryan Manu, Vester ft Ely, Grace Grama, Joanita Tnano, Wendy Nafie dan Seluz Fahik serta pagelaran Fashion show Tenun NTT dengan menampilkan model-model terbaik

Kepala Badan Penghubung Provinsi NTT di Jakarta Drs. Viktor Manek,M.Si kepada Fortuna mengatakan Timorland Fest adalah salah satu cara Kantor Penghubung NTT di Jakarta mengumpulkan seluruh tokoh dan generasi muda untuk mengenang napak tilas dan perjalanan  propinsi NTT selama 61 tahun melalui panggung seni budaya.

Hal ini tentu linear dengan predikat propinsi NTT sebagai sebuah daerah perbatasan yang kaya akan potensi seni budaya daerah dan kepariwisataan.

Melalui seni budaya daerah dan berbagai karya seni moderen maka anak-anak NTT khususnya di pulau Timor dipersatukan dengan satu  tujuan menggelorakan rasa bangga menjadi orang NTT,” ujar Viktor Manek

Dia berharap dengan pagelaran tersebut, sesama saudara warga NTT di perantauan tergerak hatinya untuk dengan cara masing-masing turut membangun NTT dari Jakarta.

Kepada lebih dari sekitar 70.000 warga Jakarta asal Nusa Tenggara Timur dan para sesepuh dia menghimbau untuk mengambil bagian dan hadir pada acara Timor Land Fest yang diselenggarakan pada siang hingga petang hari ini di Anjungan NTT di Taman Mini Indonesia Indah.

Pacu Kreativitas Anak NTT di Jakarta

Direktur Executive Anak Timor Hitz Creative selaku penyelenggara kegiatan Agustinus Pio Bria kepada https://fortunaexplore.com menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah bagian dari dukungan anak-anak NTT di Jakarta untuk memeriahkan HUT ke-61 Propinsi NTT.

Tujuan lain yakni sebagai wahana berkumpul orang muda sembil mengeksplorasi talenta-talenta mereka diatas panggung sehingga menjadi tontonan yang menarik selain memperkenalkan potensi seni budaya daerah NTT di Jakarta

Anak Timor Hitz Creative kata dia bertekad meningkatkan kreativitas anak-anak daerah sehingga pada gilirannya mereka bisa tampil menghibur sekaligus memotivasi generasi muda NTT untuk percaya diri untuk tampil ke pentas nasional.

“Jadi ajang ini walaupun kontennya lokal tetapi kita bikinnya di ibukota negara. Ini juga adalah ajang promosi pontensi dan daya tarik seni budaya NTT ke pentas nasional. Kita ingin anak-anak muda NTT tampil percaya diri, terus kreatif dan yakin sebagai bagian dari generasi penerus bangsa yang siap berkarya dan membangun bangsa melalui kreativitas, inovasi berbasis seni budaya daerah,” ujar Pio Bria sapaannya

Pria asal kabupaten Malaka ini berharap melalui event ini maka anak-anak NTT yang memiliki talenta bagus dapat mengekspresikan skill mereka dibidang masing- masing sehingga bisa memotivasi generasi muda lainnya. (42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *