HUT Ke-12 Kabupaten Manggarai Timur dan Gebyar Wisata Ala SMK Cinta Damai

Siswa/i SMK Cintai Damai pose bersama didepan Kantor Bupati Manggarai Timur. Foto : Dok.Fortuna

Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur telah 12 tahun menjadi kabupaten definitif. Sebuah usia yang masih belia meski disana sini berbagai sentuhan pembangunan mulai terasa terutama pembangunan SDM Kepariwisataan dan Penataan Destinasi Wisata guna memantik minat kunjungan wisatawan.

Terlepas dari berbagai keterbatasan yang masih harus dibenahi, Kabupaten Manggarai Timur harus berbangga karena memiliki sebuah Sekolah Menengah Kejuruan yang berkembang pesat dan tentu linear dengan permintaan pasar wisata Flores saat ini

Sekolah yang bernama SMK Cinta Damai itu hadir 6 tahun lalu dan membidik jurusan pariwisata sebagai fokus pembelajaran dan pengembangannya SDMnya. Lembaga tersebut kini telah meluluskan ratusan alumninya yang telah terserap diberbagai unit Usaha Jasa Pariwisata yang tersebar di pulau Flores, Kupang bahkan Bali dan daerah lainnya.

Demo Pembuatan Makanan dari Jurusan Tata Boga. Foto : Dok. Fortuna

Tahun ini siswa-siswi SMK Cinta Damai Borong juga berpartisipasi aktif menyukseskan peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Manggarai Timur ke-12 pada tanggal 23 November 2019.

Banyak kegiatan yang dirancang Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur untuk meramaikan “Hari Jadi” daerah tersebut yang dikemas dengan sebutan “Pekan Raya Manggarai Timur”.  Gebyar itu dumulai sejak Senin November 2019 dan berakhir dipuncak  acara 23 November 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan antara lain Bhakti sosial, aksi bersih-bersih, pameran hasil karya kelompok binaan dari beberapa instansi teknis, Lomba Lari, Lomba Tari Kreasi Tingkat SMA dan Festival Tapa Kolo (Nasi bambu).

Adapun event lain yakni Acara Adat Penti (syukuran) yang dimeriahkan dengan permainan caci (uji ketangkasan) selain Upacara HUT ke- 12 Tanggal 23 November 2019 yang berlangsung di depan kantor Bupati Manggarai Timur.

Hampir dipastikan perayaan HUT Kabupaten Manggarai Timur sudah menjadi Event Tetap Tahunan dan melibatkan seluruh stakeholders yang ada di Manggarai Timur termasuk sekolah-sekolah.

Agustinus Harum,S.Pd, Amd.Par, MM

Ketua Yayasan Cinta Damai Borong, Agustinus Harum,S.Pd, A.MD.Par, MM kepada fortunaexplore.com beberapa waktu lalu mengatakan SMK Cinta Damai Manggarai Timur sebagai sekolah yang bergerak dibidang pariwisata khususnya program Usaha Kuliner, Usaha Perhotelan dan Usaha Jasa Perjalanan Wisata memandang event besar ini sebagai momen yang sangat strategis karena dapat mempromosikan berbagai potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Manggarai Timur baik  budaya, alam maupun buatan manusia serta kuliner lokal ala Manggarai Timur

Dikatakan Agus, SMK Cinta Damai Manggarai Timur Khususnya Program Study Usaha Kuliner berpartisipasi aktif pada pameran dimaksud. Kegiatan yang dikoordinir Diniosius Janggur sebagai guru Usaha Kuliner yang menampilkan berbagai menu dan jenis kuliner lokal antara lain martabak, singkong keju, getut spaggeti, pan cake, fruit cocktail dan jus (jus semangka, alpokat, jus mangga, papaya melon dan nenas).

Stand SMK Cintai Damai. Foto : Dok.Fortuna

“Kami sangat senang karena melalui event yang besar ini siswa dan siswi program study Usaha Kuliner dapat mempraktekan sekaligus menunjukan kepada khalayak ramai tentang berbagai jenis menu dan kuliner. Respons dari pengunjung sangat positip. Kita  dapat apresiasi dari berbagai pihak,’ ujar Agus, ASN yang kini menjabat kepala Seksi Promosi pada Dinas Pariwisata Propinsi NTT itu.

Selain berpartisipasi pada pameran kuliner, SMK Cinta Damai juga berpartisipasi pada Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) antara SMK/SMA se-kabupaten Manggarai Timur dimana SMK Cinta Damai mengirimkan 20 orang siswa yang telah dilatih selama beberapa minggu sebelumnya.

Bagi SMK Cinta Damai bukan juara menjadi target utama tetapi kebersamaan dan bergadengan  mendukung Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dalam membangun dan mengembangan pariwisata menuju pariwisata yang berkelas dunia.

Sajian Kue-Kue buatan Siswa/i SMK Cinta Damai. Foto : Dok.Fortuna

Kedepan katanya, SMK Cinta Damai siap berpartisipasi pada kegiatan Pemerintah Manggarai Timur dibidang pariwisata khususnya dibidang perhotelan, restoran, usaha kuliner, pemanduan wisata.

Lembaga itu juga akan mengemas paket wisata berkaitan dengan destinasi yang ada di Manggarai Timur. Hal ini dikarenakan SMK Cinta Damai mendukung Pemerintah Manggarai Timur dalam menyiapkan sumber daya manusia bidang pariwisata yang siap kerja pada dunia usaha pariwisata.

“Saya atas nama seluruh cevitas akademika SMK Cinta Damai mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah  kabupaten Manggarai Timur atas kesempatan ini semoga tetap jaya dan sukses,” ujar Agus yang puluhan tahun telah berkecimpung dalam dunia pariwisata itu. (tim/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *