Resmikan Cabang Surabaya, Bukti Kopdit Pintu Air Komitmen Bangun Indonesia Maju

Kantor Pusat Kopdit Pintu Air di Kampung Rotat, Desa Ladogahar, Kec,Nita Kabupaten Sikka, Flores, NTT. foto : Dok.Fortuna

Kopdit Pintu Air.  Itulah satu dari sekian nama koperasi besar di tanah air. Predikatnya kini sebagai koperasi primer nasional dan koperasi terbesar ke-2 di Indonesia dari sisi jumlah anggota maupun aset. Anggotanya lebih dari 250.000 orang dan asetnya sudah diatas Rp 1,3 Trilun. Kantor pusatnya juga memang megah tetapi berada di Kampung Rotat, Desa Ladogahar, kurang lebih 20 kilometer arah Barat Kota Muamere, Kabupaten Sikka, Flores Nusa Tenggara Timur.

Sebagai wadah berbagi suka dan duka sesama orang kampung, Pintu Air yang hadir di Rotat 24 tahun silam itu hanya beranggotakan 50 orangtua dengan aset 3juta rupiah. Komitmennya jelas menyasar pada pemberdayaan ekonomi rakyat khususnya kaum Nelayan Tani Ternak dan Buruh (NTTB).

Berangkat dari tekad itu serta dukungan pelayanan dan visi besar pengurus maupun manajemenya maka koperasi ini terus tumbuh, maju, diterima masyarakat kecil hingga akhirnya menjadi koperasi kebanggaan nusantara.

Selain di Provinsi Nusa Tenggar Timur, Kopdit Pintu Air kini telah hadir di Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Menado, Papua dan Bali bahkan sudah merengsek masuk ke pulau Jawa. Kota yang dibidik di jawa yakni Surabaya, Sidorajo, Malang, Jogjakarta, Bandung hingga ibukota negara Jakarta

Kota Surabaya dan Sidoarjo adalah 2 kota pertama koperasi ini menyasar pulau Jawa sejak tahun 2015. Kini, lebih dari 900 orang anggota telah bergabung dan perputaran asetnya lebih dari Rp 8 miliar. Kondisi ini memantik semangat manajemen kantor pusat di Rotat Maumere untuk menghadirkan sebuah kantor pelayanan baru di Waru Sidoarjo.

Kantor dengan status cabang penuh  tersebut siap diresmikan oleh Bupati Sidoarjo Haji Saiful llah pada Sabtu, 9 Nopember 2019 di Waru untuk melayani anggota di Kota Surabaya dan Sidoarjo di Propinsi Jawa Timur

Ini benar-benar dahsyat dan menjadi kabar gembira bagi 250.000 orang anggota Kopdit Pintu Air di seluruh Indonesia.  Pintu Air kian membuka askes pelayaan bagi anggota dan menjadi bagian dan lembaga pemberdayan masyarakat nusantara

Kabarnya Waru akan menjadi Cabang ke-50 atau Cabang Emas yang dimiliki Kopdit Pintu Air yang siap melayani anggota dan calon anggota masyarakat di kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Pengurus dan Manajemen Kopdit Pintu Air Cabang Surabaya. Foto : Istimewa

Sebelumnya telah ada 49 Kantor Cabang, 16 Kantor Cabang Pembantu (KCP), TP dan ratusan kelompok-kelompok pelayanan anggota yang tersebar di Propinsi Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Dompu NTB, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Menado, Jogja, Papua dan beberapa kota yang telah di Jajaki seperti Jakarta, Lampung bahkan Aceh.

Acara Peresmian Kantor Cabang Sidoarjo (sebutan cabang Surabaya selama ini) rencananya dilakukan oleh Bupati Sidoarjo, H.Saifu llah di Kompleks Ruko Deltasari Indah Bolok A.Q No. 4 Waru dan disaksikan langsung ratusan orang anggota Pintu Air di Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, Ketua Pengurus Pusat Kopdit Pintu Air Yakobus Jano, General Manager Gabriel Sorowutun, Ketua Pengawas Bernabas Hening, Sekretaris Pengurus Pusat Lenny Lamak, Ketua Komite Cabang Kupang Aloysius Kamil, Manager Cabang Kupang Margaretha Dua Mite, Manager Area Timor Barat Abdulrachman Nau serta beberapa staf dari Maumere dan Kupang dipastikan hadir dalam acara dimaskud.

Adapun Cabang Sidoarjo yang berdiri sejak Desember 2015 adalah calon cabang rintisan yang selama ini mendapat pendampingan penuh dari manajemen Kantor Cabang Kupang.

Ketua Komite Cabang Sidoarjo, Petronela Binsasi. Foto : Istimewa

Bermula dari 7 Anggota

Ketua Komite KSP Kopdit Pintu Air Cabang Sidoarjo Petronela Binsasi kepada Fortuna, Senin, (4/11) mengatakan acara peresmian sudah final dan bersyukur karena Bupati Sidoarjo, H.Saifu llah berkenan hadir dan meresmikan kantor tersebut pada Sabtu, (9/11).

“Segala persiapan terkait acara tersebut sudah mencapai 95% dan diharapkan dapat berjalan aman lancar dan sesuai rencana. Bapak Bupati Sidoarjo berkenan hadir dan meresmikan  kantork kita usai kita temui belum lama ini,’ cetusnya.

Sebagai salah satu perintis hadirnya Cabang Sidoarjo, Petronela mengatakan bahwa Kopdit Pintu Air hadir di Tanah Jawa bermula dari 7 orang anggota di awal Desember 2015.

Tidak mudah memang membangun sebuah koperasi di sebuah kota Metropolitan seperti Surabaya. Banyak tantangan apalagi menghadapi ulah warga kota yang sudah terbiasa dengan kehidupan keras dan segala problematikanya.

Namun berawal dari cerita ke teman- teman maka petronela bersama kawan-kawannya terus gigih mensosialisasikan visi misi serta keunggulan produk yang ditawarkan Kopdit Pintu Air

Tercatat perkembangan aset Kopdit Pintu Air Cabang Sidoarjo- Surabaya hingga bulan Oktober 2019 menunjukan kemajuan yang signifikan yakni jumlah anggota sebanyak 840 orang dengan torehan aset fantastis mencapai Rp 8,1 miliar, total simpanan Rp2,96 milair dan pinjaman Rp 4,76 miliar.

Capaian tersebut kata Petronela karena kerja bersama tim pengurus, pengawas dan manajemen termasuk dukungan dari semua anggota. Dia berharap dengan menjadi cabang penuh maka Pintu Air Cabang Sidoarjo bisa lebih mandiri, maju dan tentu melayani anggota dengan penuh sukacita.

Saat ini katanya, Kantor Pelayanan Kodpit Pintu Air bagi anggota dan calon anggota Cabang Waru Sidoarjo dan Surabaya yakni di Ruko Deltasari Indah Bolok A.Q No. 4 Waru.

Ruangan Pelayanan Anggota di Kantor Calon Cabang Waru Sidoarjo yang akan diresmikan pada Sabtu,9 Nopember 2019. Foto : Istimewa

Koperasinya Semua Orang Indonesia

Sementara Ketua Pusat Kopdit Pintu Air Yakobus Jano kepada Fortuna Maumere, Senin (4/11) mengatakan Kantor Cabang ke-50 atau Cabang Emas yang diresmikan di Waru Sidoarjo, Jawa Timur adalah bukti bahwa Pintu Air yang hadir dengan misi sosial melayani sesama orang kecil itu adalah koperasinya segenap lapisan masyarakat nusantara.

“Kita sengaja meresmikan cabang emas ini di Jawa. Ini salah satu bukti komitmen pemberdayaan ekonomi dari Kopdit Pintu Air untuk Indonesia. Kita hadir untuk melayani semua kalangan tanpa sekat dan tanpa membedakan latarbelakang apapun,” ungkap Jano.

Benar bahwa menjadi cabang definitif pertama yang melayani warga Sidarjo dan Surabaya adalah ikthiar Pintu Air  bahwa  koperasi dari Kampung Rotat itu bisa juga menaklukan Jawa.

Dengan visi sosial dan keunggulan produk layanannya, dia bisa diterima masyarakat Indonesia dimanapun berada termasuk di kota metropolitan seperti Makasar, Surabaya, Jogja dan Jakarta.

Jano berharap dukungan dari pemerintah setempat, warga masyarakat dan juga manajemen pengurus cabang yang profesional sehingga lembaga pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat memberikan kualitas pelayanan prima dengan lebih menyasar kepada kebutuhan anggota.

Manager Area Timor Barat, Abdurahman Nau, Foto : Istimewa

Dekatkan Pelayanan Bagi Anggota

Manager Area Timor Barat Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Pintu Air Rotat Indonesia Abdulrachman Nau memiliki harapan besar terhadap kemajuan Kantor Cabang Surabaya yang akan diresmikan pada hari Sabtu, (9/11)

“Sebagai manager area yang membawahi cabang Surabaya, tentu saya punya harapan besar agar kehadiran KSP Kopdit Pintu Air Rotat Indonesia Cabang Surabaya ini benar-benar mampu mendekatkan pelayanan bagi anggota. Pelayanan disini yakni untuk mensejahteraakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Hal ini senada dengan prinsip dasar koperasi yaitu dari anggota,oleh anggota dan untuk anggota,” ungkap Abdulracman Nau optimis

Kehadiran Pintu Air Cabang Surabaya juga katanya harus memberikan kontribusi nyata baik itu pemenuhan kebutuhan anggota, peningkatan Solidaritas sosial serta peningkatan swadaya.

Adapun data  Statistik Aset per- September untuk Cabang Area Timor Barat yang mencakup Cabang Kupang, Oesao, SoE, RoteNdao, Sumba Barat Daya, Cabang Lewa, Cabang Waingapu Sumba Timur, Cabang Alor dan Cabang Surabaya yakni Asset Rp 258 miliar, jumlah anggota sebanyak 46.137 orang, pinjaman Rp 181 miliar, simpanan saham Rp118 miliar.

Abdurachman optimis kehadiran Pintu Air Cabang Surabaya diharapkan memberikan kontribusi nyata untuk pemerintah dalam hal ini dapat menggerakan  Pendapatan masyarakat Surabaya melaui fasilitas kreadit untuk usaha produktif dan sektor-sektor riil.

Adapun manajemen Cabang Surabaya akan dipimpin oleh seorang manager muda energik Marselinus Lado. Pria ramah asal Cabang Kupang itu akan dibantu 5  orang staf yang siapa bekerja total melayani anggota di Cabang Surabaya.

kepada Fortuna, Selasa, (5/11), Nus (sapaanya,red) menyatakan bahwa dirinya bersama Tim Kerja, Ketua Komite  dan Pengurus siap menjalankan tugasnya melayani anggota sebaik mungkin.

“Prinsipa kami bekerja sungguh untuk melayani anggota dan masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Peduli, peka, solider dan merasa senasib jadi komitmen semua karyawan/ti Pintu Air yang selama ini memproklamirkan diri sebagai wadah pemberdayaan ekonomi orang kecil. Saya siap memajukan lembaga dan memimpin Tim ini untuk layani anggota guna gapai sukses bersama,” ujanrya singkat. (tim 42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *