Peresmian Kantor Cabang Terselatan Indonesia di Rote Hari Ini Jadi Hadiah Kopdit PINTU AIR Bagi Pelantikan Jokowi – Ma’aruf

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika bersendagurau dengan warga Rote Ndao dalam kunjungannya ke daerah itu belum lama ini. Foto : istimewa

Tekad untuk mendekatkan pelayan bagi anggota juga terus dilakukan oleh Manajemen Pusat KSP Kopdit Pintu Air Rotat- Indonesia. Setelah sukses membangun 48 kantor cabang dan KCP pelayanan di Propinsi  NTT, Sulawesi Selatan, Bima-NTB, Kalimantan Timur, Surabaya, Jogja dan Bali, hari ini Sabtu, 19 Oktober 2019 secara membanggakan Pintu Air meresmikan Kantor Cabang ke-49 di Kabupaten Rote Ndao, yang merupakan batas terselatan NKRI.

Peresmian Kantor Cabang Rote Ndao yang dilakukan sehari menjelang pelantikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Kiai Ma’aruf Amin itu didedikasikan bagi Presiden Jokowi yang selama ini memberi perhatian besar membangun ekonomi Indonesia dari pinggiran

Ketua Pengurus Pusat KSP Kopdit Pintu Air Rotat-Indonesia Yakobus Jano mengatakan sebagai lembaga pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil, Kopdit Pintu Air terus mengembangkan sayap pelayanan bagi anggota di seluruh pelosok nusantara.

Sebelum peresmian Kantor Cabang ke-50 (Cabang Emas) di Surabaya Jawa Timur pada tanggal 9 Nopember 2019 nanti, Manajemen Pintu Air Pusat memutuskan untuk meresmikan Cabang Rote hari ini sebagai bagian dari dukungan koperasi bagi peningkatan ekonomi rakyat Indonesia dari propinsi Nusa Tenggara Timur.

Cabang Rote Ndao sebagai salah satu cabang Kopdit Pintu Air di wilayah Terselatan Indonesia dipandang strategis dan produktif berkontrobusi menopang perekonomi masyarakat  Indonesia.

Untuk itulah Yakobus Jano kemudian mendedikasikan Peresmian Cabang Rote Ndao ini sebagai oleh-oleh bagi Pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Kyai Ma’aruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI yang akan digelar esok nanti.

“Pintu Air sudah hadir di sekian propinsi di Indonesia. Hari ini giliran Rote Ndao yang adalah wilayah terselatan Indonesia. Cabang ini kita dedikasikan bagi Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Bapak Wakil Presiden Ma’aruf Amin yang akan dilantik esok, Minggu 20 Oktober 2019,” ujar Yakobus Jano kepada Fortuna pagi ini langsung dari Baa, Rote Ndao

Ketua Pengurus Pusat KSP Kopdit Pintu Air Rotat Indonesia, Yakobus Jano

Kenapa harus kepada Jokowi, ya karena Presiden Jokowi adalah salah satu dari sekian presiden di Indonesia yang gigih membangun ekonomi Indonesia dari pinggiran melalui programnya NAWACITA. Program-program Jokowi menyentuh hal paling hakiki dari masyarakat Indoensia terutama mereka-mereka yang jauh dari askes pelayanan sosial ekonomi dan kemasyarakatan karena terbatasnya infrastruktur dan minimnya iklim layanan usaha yang murah dan berpihak.

NTT sendiri kata Jano adalah propinsi yang paling sering dikunjungi Jokowi dan mendapat porsi anggaran yang super jumbo untuk pembangunan infrastruktur dan pembangunan lintas sektor. Dia berharap dengan masifnya pembangunan infrastruktur di Indonesia dan NTT khsusunya memberi efek positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat terutama para Nelayan Tani Ternak dan Buruh yang selama ini menjadi sasaran pemberdayaan dan pendampingan Kopdit Pintu Air selama ini.

“Ya kita harapkan selaras dan searah dengan geliat pembangunan infrastruktur maka ekonomi masyarakat kecil terbantu. Kita memang siapkan akses permodalan yang cepat tuntas dan berpihak  juga pendampingan agar anggota kita bisa membuka usaha dan cepat keluar dari zona kemiskinan ,’ungkap sosok sederhana ini.

Orang Rote Masih Enggan Berkoperasi

Kopdit Pintu Air yang berkantor pusat di Kampung Rotat Desa Ladogahar, Kecamata Nita kabupaten Sikka, Flores Nusa Tenggara Timur itu hadir di Rote Ndao sejak tahun 2013. Sudah 6 tahun melayani warga dengan status sebagai Kantor Cabang Pembantu (KCP) dibawah kendali Kantor Cabang Kupang.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning- Bullu,SE dan Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M.Saek,SE, M.Si direncanakan hari ini meresmikan kantor cabang ke -49 yang beralamat di Desa Sanggaoen, RT 001/RW 001 Kecamatan Lobalain itu

Kantor KSP Kopdit Pintu Air Cabang Rote Ndao, di Jalan Sanggaoen, Kecamatan Lobalain. Foto : Istimewa

Napak tilas Pintu Air di Kabupaten Rote Ndao tercatat rapih. Perjuangan untuk melayani mayoritas masyarakat Petani Nelayan Tani Ternak dan Buruk (NTTB) ini praktis berhasil meski ada kandala sana sini. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jangkauan pelayanan, lahirnya unit-unit usaha mikro kecil dan industri rumah tangga serta terjadinya pertumbuhan aset koperasi Pintu Air di Rote.

Data yang terekam hingga  Bulan Oktober 2019, anggota KSP Kopdit Pintu Air di Rote Ndao telah berjumlah 2.953 orang dengan total asset mencapai Rp.13.101.000.119. Nilai 13 miliar lebih ini bukanlah angka yang kecil karena terkumpul dari recehan-recehan ribuan masyarakat kecil yang terbesar di seantero Rote Ndao

Meski puluhan miliar dana terkumpul dan mengapresiasi beberapa progres Kopdit Pintu Air Cabang Rote, Ketua Pengurus Pusat Kopdit Pintu Air Yakobus Jano melihat capaian Cabang Rote masih belum begitu bergeliat signifikan. Dari segi waktu 6 tahun dan raihan aset yang ada, Cabang Rote masih bergerak lambat bila dibandingkan dengan cabang-cabang lain terutama dari sisi keanggotaan.

“Kita senang lembaga ini hadir di Rote dan mendapat dukungan full dari pemerintah, masyarakat luas dan para anggota. Dari sisi aset oke tapi dari sisi jumlah anggota masih sangat terbatas. 6 tahun 2953 orang itu belum linear dibandingkan dengan cabang-cabang lain. Masyarakat masih enggan berkoperasi rupanya meski kita sudah keliling Indonesia dengan total anggota 240ribu orang lebih dan aset sudah diatas Rp1,3 triliun,” ungkapnya

Dia berharap dengan diresmikan menjadi Kantor Cabang penuh dari sebelumnya KCP semakin meningkatkan minat orang untuk berkoperasi dan menjadikan Pintu Air sebagai wadah efektif mengkases sumber permodalan selain menikmati fasilitas- fasilitas unggul yang ditawarkan. (tim/42na)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *