Kopdit Pintu Air KCP Rote, Menyejukan Bagaikan Air Hingga Diresmikan Bupati Paulina Haning Jadi Cabang Penuh

Kantor KSP Kopdit Pintu Air Cabang Rote Ndao, di Jalan Sanggaoen, Kecamatan Lobalain. Foto : Istimewa

Kehadiranmu Bagaikan Mata Air Yang Menyejukan”. Itulah kesan sejumlah pengurus dan anggota perdana Koperasi Pintu Air Kantor Cabang Pembantu (KCP) RoteNdao yang telah 6 tahun berkarya melayani warga kabupaten Rote Ndao hingga akan diresmikan oleh Bupati Rote Ndao Ny.Paulina Bullu Haning menjadi Kantor Cabang penuh pada Sabtu, 19 Oktober 2019 mendatang.

Adalah Junus Tode, Putra Rote Ndao dari kampung Oedae, Rote Barat Laut diawal tahun 2013  yang memulai karya pelayanan didaerah terselatan Indonesia itu. Ia dengan senang hati mendaftarkan diri menjadi anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Pintu Air di kantor Cabang Kupang. Pria yang berprofesi sebagai seorang pedagang minyak urut itu sungguh terpesona dengan pola pelayanan anggota yang lebih mengedepankan  kebutuhan anggota serta menyasar kaum marginal atau mereka yang kurang disentuh dalam kehidupan keseharian.

Merasakan manfaat langsung kualitas pelayanan anggota dan manajemen, Opa Junus lalu terpanggil untuk menjadi pelayan, membaktikan diri  sebagai seorang relawan di daerahnya. Dengan perlahan warta sejuk tentang KSP Kopdit Pintu Air mulai tersiar hingga ke pulau sejuta lontar itu.

Tepatnya dibulan Juni 2013, Kampung Oedae menjadi saksi awal 15 orang telah bergabung menjadi anggota Kopdit Pintu Air di tanah Nusa Lote dan berkembang hingga memasuki tahun ke-tujuh ini.

Opa Junus bersama kolega dan relawan lainnya Salmun Mooy yang kini menjadi Ketua Komite Kelompok Wilayah Oeseli, Rote Barat Daya adalah kedua relawan perdana Kopdit Pintu Air di Kabupaten Rote Ndao yang gigih berjuang mengembangkan sayap pelayanan Pintu Air di daerah itu.

Bergerak dengan  segala keterbatasan dan tantangan diawal mereka terus berjuang tanpa kenal lelah. Baru pada tahun 2015 KSP Kopdit Pintu Air di Rote mulai bangkit, agresif dan berkiprah melayani anggota hingga ke pelosok-pelosok RoteNdao.

Adapun mereka yang menjadi pemicu sekaligus motor penggerak dalam memperluas jangkauan pelayanan Pintu Air di RoteNdao antara lain Yunus Sula dari Tungganamo-Pantai Baru yang kini telah menjadi ketua Komite Kelompok  Wilayah Pantai Baru, Jani Fanggi  seorang relawan dari Lidor yang sekarang telah menjadi Ketua Komite Kelompok Wilayah  Lidor dan sekitarnya, ada Mikael Ikun seorang relawan wilayah Baa dan sekitarnya yang kini menjadi Ketua Komite Cabang Baa-Rote serta Kristina relawan dari wilayah Tasilo yang kini dipercayakan menjadi Ketua Komite Kelompok Tasilo.

Kerja Tim dan relawan-relawan handal ini telah membuahkan hasil. Banyak anggota dan masyarakat Kabupaten Rote Ndao terlayani dan mendapatkan manfaat dari koperasi Pintu Air sebagai koperasi primer nasional yang kini menempati ranking kedua terbesar nasional dari sisi jumlah anggota itu

Tidak hanya itu, tekad untuk mendekatkan pelayan bagi anggota juga terus dilakukan oleh Manajemen Kopdit Pintu Air yang berkantor pusat di Kampung Rotat Desa Ladogahar, Kecamata Nita kabupaten Sikka, Flores Nusa Tenggara Timur itu dengan menghadirkan sebuah Kantor Cabang yang beralamat di Desa Sanggaoen, RT 001/RW 001 Kecamatan Lobalain Kabupaten Rote Ndao.

Berkontribusi Majukan Rote Ndao

Setelah beberapa tahun hadir di Kabupaten Rote Ndao, perjuangan untuk melayani mayoritas masyarakat Petani Nelayan Tani Ternak dan Buruk (NTTB) ini praktis berhasil. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jangkauan pelayanan, lahirnya unit-unit usaha mikro kecil dan industri rumah tangga serta terjadinya pertumbuhan aset koperasi Pintu Air di Rote.

Data yang terekam hingga  Bulan Oktober 2019, anggota KSP Kopdit Pintu Air di Rote Ndao telah berjumlah 2.953 orang dengan total asset mencapai Rp.13.101.000.119. Nilai 13 miliar lebih ini bukanlah angka yang kecil karena terkumpul dari recehan-recehan ribuan masyarakat kecil yang terbesar di seantero Rote Ndao.

Kehadiran KSP Kopdit Pintu Air di bumi Sasando ini bak sebuah Oase yang membawa kesejukan. Pelayanan berontasi pada masyarakat kecil ini bukan hanya sekedar slogan. Kata menjelaskan tindakan dan sebaliknya tindakan menyempurnakan perkataan. Itulah hakikat dari  totalitas keberadaan KSP Kopdit Pintu  Air dalam membangun manusia secara utuh ditanah Rote.

Sabtu, 19 Oktober 2019 akan menjadi sejarah kebangkitan baru  seiring beralihnya status  Kantor Cabang Pembantu (KCP) KSP Kopdit Pintu Air Baa  menjadi KSP Kopdit Pintu Air Cabang Baa- Rote.  Kantor Cabang yang beralamat di Desa Sanggaoen Kecamatan Lobalain itu rencananya diresmikan oleh Bupati Rote Ndao Ny.Paulina B.Haning dan Ketua Pusat KSP Kopdit Pintu Air Rotat – Indonesia, Yakobus Jano. Dipastikan hadir Forkompimkab Rote Ndao, General Manager Kopdit Pintu Air Pusat Gabriel Sorowutun, Sekretaris Pintu Air Pusat Lenny Lamak, Humas Pintu Air Agustinus Nong serta ribuan orang anggota Pintu Air.

Kenaikan status dari KCP menjadi Cabang penuh tentu memotivasi manajemen untuk meningkatakan kualitas pelayanan bagi semua anggota dan masyarakat Rote kedepan. Pintu Air juga menggairahkan perekonomian lokal dan prospektif berkontribusi untuk memajukan Rote Ndao sebagai kabupaten terselatan Indonesia.

Ketua Pengawas Pusat Bernabas Hening (tengah) pose bersama Ketua Komite Mikael Ikun, dan Manajemen Kopdit Pintu Air Cabang Rote Ndao. Foto : Istimewa

Kekuatan Pengurus dan Manajemen

Majunya KSP Kopdit Pintu Air di Rote Ndao tentu tidak terlepas dari dukungan pemerintah, masyarakat, anggota, Pengurus, Pengawas dan Manajemen. Mereka terus berjibaku menjadikan Pintu Air sebagai lembaga pemberdayaan ekonomi anggota.

Adapun Komposisi Kepengurusan KSP Kopdit Pintu Air Kantor Cabang Rote Ndao yakni Ketua Komite Cabang, Mikael Ikun, S.Ag, Wakil Ketua Komite Andereas Roga,S.Pd yang dibantu oleh 10 orang  Ketua Komite Kelompok yang tersebar di-10 Kecamatan di Kabupaten Rote Ndao.

Sedangkan dari sisi manajemen, Cabang Rote Ndao dibantu oleh 10 orang karyawan-karyawati  yang dinakodai oleh Albertus  Efedius,S.Pd sebagai manejer.

Meski baru diresmikan  sebagai cabang penuh, sejatinya koperasi ini sudah memenuhi standar minimal sebagai sebuah cabang dalam beberapa waktu lalu yakni memiliki 1000 orang anggota dan aset Rp 1 miliar

Bulan Mei 2018 KSP Kopdit Pintu Air Cabang Baa-Rote bahkan telah memiliki kantor sendiri yang terletak di jalan Sanggaoen sebagai sentral  pelayanan anggota hingga sekarang.

Ketua Komite KSP Kopdit Pintu Air Cabang Rote Mikael Ikun kepada www.fortunaexplore.com mengatakan koperasi itu hadir, berempati, melayani yang tidak terjangkau dan menjangkau yang tidak terlayani. Komitmen itu sungguh membawa dampak perubahan positip secara sosial ekonomi, menghentak batin untuk saling menolong diantara anggota sebagaimana motto  KSP Kopdit Pintu Air yakni ”Kau susah aku bantu, Aku susah Kau bantu”.

Ia berterimakasih kepada pemerintah daerah, DPRD, para tokoh agama,tokoh masyrakat dan  seluruh anggota atas dukungannya bagi kemajuan Kopdit Pintu Air di Rote Ndao selama ini.

“Tentunya semangat pelayanan KSP Kopdit Pintu Air mendapat respon positip dari pemerintah yakni dengan memberikan kesempatan kepada Kopdit Pintu Air untuk tetap menjadi  koperasi yang unggul dalam pelayanan demi meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Rote Ndao. Kita harapkan dukungan ini terus berlanjut karena ada kesamaan visi untuk mensejatherakan masyarakat,”ujar Mikael Ikun.

Dengan peresmian Kantor Cabang KSP Pintu Air di Rote Ndao oleh Bupati Rote Ndao Paulina B.Haning dan Ketua Pusat KSP Pintu Air Rotat Indonesia Yakobus Jano diharapkan lembaga itu makin setia melayani anggota terutama mendukung masyarakat usaha-usaha ekonomi anggota disektor rill seiring dengan kebijakan Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Bupati Rote Ndao Paulina B.Haning. (tim/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *