TransNusa Terbangi Kupang – Rote Mulai 4 Oktober 2019

Pesawat ATR-42 TransNusa. foto : Istimewa

Meskapai penerbangan TransNusa dipastikan melayani penerbangan dari Bandara El Tari di Kupang menuju Bandara DC.Saudale di Rote, Kabupaten Rote Ndao,PP mulai esok Jumad, 4 Oktober 2019

Pembukaan penerbangan ke Rote Ndao menjadi bagian dari dukungan TransNusa bagi percepatan pembangunan ekonomi dan pariwisata dari sisi akses transportasi udara

CEO TransNusa Leo Budiman melalui layanan Whattsapp ke https://fortunaexplore.com,Selasa(3/10) mengatakan pembukaan rute Kupang-Rote adalah bagian dari komitmenya untuk melayani masyarakat nusantara. Bahkan pihaknya ingin terus membuka akses layanan transportasi udara ke semua kota di Indonesia.

“Ini bagian dari komitmen kita untuk melayani  nusantara dan membuka akses penerbangan ke kota- kota di Indonesia termasuk membuka layanan ke pulau-pulau terluar dan terpencil. Mudahan kerinduan masyarakat dan wisatawan yang ingin ke Rote bisa terjawab,” ujarnya.

Penerbangan dari Bandara El Tari di Kupang ke Bandara DC.Saudale Rote tersebut juga adalah komitmen untuk mendukung RoteNdao sebagai titik terselatan Indonesia yang mempunyai pangsa pasar pariwisata dan ekonomi yang lagi bergeliat kencang.

Rote akan menjadi satu lagi dari 37 kota yang kini telah dilayani TrasNusa. Kita lagi prepare (siapkan) 1 unit pesawat ATR-72 dengan kapasitas 72 seat dan diharapkan bisa efektif mulai 4 Oktober nanti,” ujar sosok low profile ini.

Dikatakan hari ini dia akan bertemu Bupati RoteNdao, Paulina B.Haning untuk membicarakan komitmen bersama dan dukungan pemerintah terutama manajemen Pengelola Bandara DC.Saudale Rote untuk kepentingan pembukaan rute baru tersebut

“Iya kita sudah komunikasi dengan Ibu Bupati dan rencananya esok pagi (pagi ini) jam 7 beliau sudah tiba di Kupang,” ungkapnya

Untuk diketahui selama ini Rute penerbangan Kupang-Rote dilayani Meskapai Wings Air dengan frekuensi setiap hari. Namun karena alasan kenaikan harga bahan bakar dan keterisian kursi yang belum memadai sehingga rute ini akan ditutup untuk sementara.

Rilis yang diperoleh https://fortunaexplore.com dari manajemen Wings Air yang ditandatangi Direktur Keuangan Edwar Sirait menjelaskan bahwa bahan bakar Avtur di Bandara El Tari Kupang dipasok dengan harga Rp 9.970/liter  atau lebih mahal Rp 2000/liter dibandingkan dengan harga Avtur di Bandara Internasional Soekarno Hatta hanya berkisar Rp 7.970/liter.

Pemberlakuan harga ini tentu tidak menguntungkan setelah dikaji dari sisi bisnis dan tingginya biaya operasional.

Dengan analisa ini maka dipastikan rute penerbangan Kupang- Rote ditutup untuk sementara sambil menunggu pemberlakuaan baru harga avtur yang relatif stabil sehingga dapat menutupi biaya operasional setiap penerbangan pada kapasitas jumlah permintaan atau jumlah penumpang yang ada. (tim/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *