Jelang Festival Kelabba Madja di Sabu Raijua, Inilah Rundown Acaranya

Tim Jelajah Pesona Kelabba Madja dari Kabupaten Sabu Raijua. Foto : Istimewa

Pagelaran Jelajah Pesona dan Festival Kelabba Madja di Kabupaten Sabu Raijua, tanggal  9-11 September 2019 menjadi momentum promosi strategis yang mengakomodasi seluruh sumber daya dan potensi pariwisata di daerah tersebut.

Event itu akan dibuka secara resmi oleh Gubernur NTT, Viktor Laiskodat pada Senin, (9/9) dan diselenggarakan terpisah di beberapa destinasi unggulan Sabu Raijua.

Selama lebih dari 4 hari, ajang ini akan dipadati ratusan peserta jelajah pesona dari berbagai penjuru,  tamu undangan dan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, para pengusaha, calon investor, pejabat dari Kemenko Maritim, Kementerian PDT, Kemenpar RI dan juga Kemepemerintah pusat, tim dari propinsi NTT  serta mitra media cetak dan eletronik.

Adapun lokasi-lokasi yang dibidik untuk jadi lokus pagelaran rangkaian event tersebut yakni di Pantai Napae, Kampung Megalitik Namata, pantai Kepo, Pantai Raemea, Gua Mabala, Kampung Adat Kujiratu,  Pantai Nyiuwudu dan puncaknya di kawasan Kelabba Madja.

Banyak Agenda yang telah dirancang dari event ini dan berikut rundown acara dan lokasi yang telah disepakati untuk penyelengaraannya

Untuk hari pertama tanggal 9 September 2019, acara pembukaan akan dihelat di Pantai Napae dengan menampikan Parade Kebudayaan, Selebrasi Tarian  Haba Ko’orai. Pada momentum ini juga akan ada Penobatan Gubernur NTT Viktor Laiskodat sebagai Mone  Hawu Raijua dan  Ketua Penggerak PKK Ny. Julie Sutrisno Laiskodat sebagai Beni Hawurai oleh Mone Ama (tetua adat) setempat.

Acara kemudian dilanjutkan  dengan seremonial adat, penampilan tarian  Leo, Hogo Due, Sarasehan Bersama menampilkan pembicara Gubernur NTT Viktor Lasikodat, Ketua Apindo/PHRI Propinsi NTT, Fredy Ongkosaputra, Pejabat dari Kemenko Maritim dan Bupati  Sabu Raijua  Nikodemus Rihi Heke. Pada petang hari akan digelar Galla Dinner dan  jumpa pers

Persiapan Pantai Napae sebagai Lokus Pegaleran Acara pembukaan. Foto : Istimewa

Pada hari yang sama, para peserta Jelajah Pesona dan Festival Kelabba Madja juga diajak menyaksikan prosesi adat di kompleks kampung megalitik Namata, mendengarkan penuturan sejarah dari para pelaku sejarah,  hunting foto bagi yang mau berfoto dengan pakian adat Sabu Raijua di Kampung Adat Namata dan terakhir lomba foto sosial media

Memasuki hari kedua tanggal 10 september 2019,  akan digelar event di dua lokasi berbeda yakni di  Pantai Kepo  yang akan memanpilkan Tarian Kenoto, Penuturan Sejarah, Penampilan Sanggar Kuda Menari,  Treking Menuju Batu Kembar, lomba taji ayam atau Peimanu 5 pasang dan berakhir dengan lomba foto sosial media

Sementara di pantai Raemea akan dilakukan acara penuturan sejarah pantai,  Lomba Dayung Sampan, Penampilan Tarian Wara Tada, Penampilan Usir Delo serta pagelaran Peiumanu (taji ayam) sebanyak 5 pasang

Pada hari ketiga tanggal 11 September 2019,  dilakukan gelaran di tiga tempat berbeda yakni  di Lokasi Wisata Gua Mabala, Kampung Adat KujiRatu dan Pantai Nyiuwudu.

Di Gua Mabala  akan ada penuturan sejarah,, promosi wisata Gua Mabala,  Penampilan Musik Tradisional Katadu, Penampilan Permainan Rakyat Lompat Alu, pagelaran Peiumanu /taji ayam 5 pasang dan  lomba foto sosial media.

Fasilitas Toliet Mobile/ Portable yang sudah terpasang di Kawasan kelabba Madja. Foto : isitmewa

Nah di kampung Adat Kujiratu akan digelar ritual adat, penuturan sejarah, promosi kampung Adat  Kujiratu, penampilan permainan Womaka,  Pehere Jara (Parade kuda) 25 ekor dan lomba foto sosial media. Sementara di Pantai Nyiuwudu akan digelar penampilan Gulat Sabu 5 pasang, penuturan sejarah, Peiumana/ taji ayam 5 pasang dan lomba foto sosial media

Puncak kegiatan akan dilakukan pada tanggal 12 September 2019 yang dipusatkan di objek Wisata Kelabba Madja. Adapun acara penutupan kegiatan ini akan disisi dengan malam hiburan rakyat yang akan diawali dengan penuturan sejarah Kelabba Madja, Atrkasi Pemajangan Kain Tenun Sabu Raijua Pemegang Rekor Muri 68meter  kali 91 cm.

Ditempat yang sama juga akan digelar Lonba foto Sosial Media Kelabba Madja, penampilan atraksi kuda menari, atraksi  Peiumana (taji ayam) 5 pasang, suguhan tarian Padoa koreografi 500 orang, penampilan tarian adat dari 5 kecamatan di Sabu Raijua, Fun Games, Malam Pasar Rakyat, Pentas Seni Budaya dan Fashion Show, penampilan musik ketadu  haba dan penampilan musik tradisional Ketadu Mara serta penampilan artis dan band (tim 42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *