Manajemen Bandara Wunopito Lembata Siap Sukseskan Festival Tiga Gunung

Kepala Bandara Wunopito Wisma Florianus (kiri) pose Bersama Crew Cabin TransNusa sesaat setelah mendarat di Bandara Wunopito Lembata. Foto : Istimewa

Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Wunopito di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur berkomitmen mendukung dan menyukseskan event Festival Tiga Gunung yang akan diselenggarakan pada tanggal 26-31 Agustus 2019.

Dukungan itu disampaikan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Wunopito Lembata, Wisma Florianus kepada https://fortunaexplore.com, Minggu (18/8) di Kupang.

Florianus mengungkapkan bahwa pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah daerah dan masyarakat Lembata untuk menyukseskan event wisata akbar Festival Tiga Gunung terutama terkait kemungkinan pembukaan ekstra fligth untuk bagi para tamu undangan dan wisatawan yang ingin menghadiri acara dimaksud.

“Jadi dukungan pihak bandara untuk sukseskan Festival Tiga Gunung yaitu kalau ada permintaan extra flight setelah jam operasional maka pihak bandara dan airnav siap melayani sampai batas sunset,” ujarnya

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten Lembata,Nusa Tenggara Timur akan menggelar event wisata akbar yang dinamai Festival Tiga Gunung pada 26-31 Agustus 2019. Festival tersebut pertama kali digelar tahun 2018 dan memberi dampak yang luar biasa bagi kepentingan promosi pariwisata daerah.

Event itu juga memicu meningkatnya minat kunjungan wisatawan ke Lembata yang datang melalui Bandara Wunopito maupun lewat pelabuhan Pelni dan Fery yang menghubungkan Lembata dengan daerah sekitarnya.

Papan Nama Bandara Wunopito yang bernuansa wisata. Foto : Istimewa

Dikatakan Florianus, dukungan lain dari pengelola bandara juga yakni dengan menata tampilan dan kesiapan fisik bandara tersebut mulai dari ruang tunggu, desain papan nama bandara yang bertemakan pariwisata, perluasan parkiran kendaraan umum, hingga pada kesiapan staf lapangan untuk mengantisipasi kemungkinan ada ekstra fligth dalam beberapa hari pelaksanaan event tersebut

“Pariwisata mejadi satu sektor kunci yang kini dibidik pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten Lembata. Sesuai kewenangan  yang kita miliki maka kita akan terus berkoodinasi dengan pemerintah daerah untuk terntunya memberi pelayanan terbaik bagi siapapun  yang mau datang ke Lembata melalu pintu masuk bandara. Kalau ada ekstra fligth ya kita siap,” ujar pria yang pernah menghabsikan separuh kariernya di Bandara Frans Seda Maumere tersebut

Adapun kondisi eksisting Bandara Wunopito katanya yakni memiliki panjang landasan pacu (runway) 1200 meter, lebar 30 meter. Dengan fasililitas terminal penumpang yang representatif maka saat ini aktivitas penerbangan ke Bandara Wunapito dilayani dengan frekuensi penerbangan setiap hari 1 sampai 2 kali atau perminggu sebanyak 10 kali dari Meskapai TransNusa jenis ATR42 berkepasitas 42 seat

Wakil Bupati Lembata, Dr.Thomas Ola Langoday. Foto : Istimewa

Tiga Gunung Yang Eksotik

Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday terpisah mengatakan tiga gunung yang ada di Lembata sengaja dipilih sebagai nama festival. Pasalnya asing-masing gunung ini punya keunikan yang istimewa. Ketiganya adalah Gunung Ile Batutara, Gunung Ile Lewotolok, dan Gunung Ile Werung.

Kepada kompas.com, Langoday menerangkan bahwa  keunikan Gunung Ile Batutara, adalah mengalami letusan setiap 20 menit sekali dan dapat disaksikan dalam jarak dekat sekitar 50 meter. Pada tahun 2017, gunung ini masuk nominasi sebagai destinasi wisata gunung api terpopuler nomor dua di Indonesia.

Demikian pula Gunung Ile Lewotolok, yaitu memiliki kawah di puncak yang luas dan berpasir putih menyerupai lapangan, dan bisa digunakan untuk bermain sepakbola

Sementara Gunung Ile Werung, memiliki panorama alam yang tak kalah eksotis. Terdapat sarang burung walet dan goa atau terowongan dari dalam gunung yang menembus hingga pantai.

“Ile Batutara sudah memiliki brand karena meraih medali perak dengan kategori destinasi wisata terunik dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017,” katanya (tim/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *