Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNDANA Kunjungi Dapur Redaksi Majalah FORTUNA

Pose Bersama Mahasiswa JIKOM FISIP Undana Dengan Pemred Tabloid/Majalah FORTUNA, Fidelis Nogor di Kantor Redaksi, Rabu, (12/6). Foto : Doc.Fortuna

Empat orang mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (JIKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undana Kupang berkunjung ke Kantor Redaksi Tabloid/Majalah FORTUNA di bilangan BMG kelurahan Bello –  Maulafa Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu, (12/6).

Kedatangan keempat mahasiswa ini dalam rangka silaturahmi, berdiskusi dan ingin melihat dari dekat tentang  Aktivitas Media Relations yang ada di kantor perusahaan pers tersebut.

Mereka juga ingin mendapatkan informasi tentang seberapa pentingnya aspek Public Relations (PR) dan Media Relations (Relasi Media) dalam mendukung kerja-kerja jurnalistik dan juga aktvitas lain yang terkait dengan posisi perusahaan pers sebagai sebuah industri.

“Ini kunjungan silaturahmi dalam mendapatkan data tentang model Aktivitas Media Relations dan seberapa penting relasi dan komunikasi yang dilakukan Manajemen FORTUNA sehingga berbagai karya jurnalistik bisa dihasilkan. Yang kedua soal struktur perusahaan pers FORTUNA yang sudah lama berkiprah namun tetap eksis dari sisi industri ditengah gempuran media daring,” ungkap Maryani S.L Taolin dalam pengantarnya saat itu

Dalam diskusi santai tersebut, Pemred Tabloid/Majalah FORTUNA Fidelis Nogor mengatakan bahwa peran pers sebagai social control adalah sebuah keharusan. Pers juga berkewajiban membangun kemitraan yang strategis dan relasi dengan semua stakeholders sehingga berbagai informasi dan data dapat diperoleh guna kepentingan publikasi. Tanpa relasi sosial dan komunikasi yang baik dengan stakeholders sebagai informan maka sebuah produk jurnalistik tentu diragukan kualitasnya.

Nah untuk mendapatkan seorang narasumber  yang tepat dan kompeten di bidangnya tentu harus melalui cara dan teknik komunikasi dan relasi yang santun, profesional namun tetap dalam koridor indepedensi pers.

Dalam konteks relasi media tersebut kata Fidel maka FORTUNA sebagai sebuah media yang fokus pada isu-isu promosi wisata, ekonomi, bisnis dan investasi menempatkan relasi media dan komunikasi sosial sebagai bagian yang paling esensial.

Bincang Santai Usai Diskusi di Dapur Redaksi FORTUNA. Foto : Doc.Fortuna

Hal ini mengingat FORTUNA adalah sebuah majalah promosi wisata yang harus lebih banyak mengangkat konten-konten yang promotif dan positif sudut pandangnya. Peran media disini juga adalah memberikan optimisme kepada siapapun warga negara termasuk NTT untuk maju, bangkit berusaha serta siap berkompetisi dengan daerah lain karena potensi dan daya tarik wisatanya sudah mendunia.

Dari sisi pariwisata katanya, ulasan-ulasan Fortuna harus mampu menggungah rasa ingin tahu wisatawan untuk datang dan berkunjung ke sebuah destinasi wisata. Daya tarik wisata diolah sedemikian menarik dengan dukungan foto-foto yang memikat sehingga mampu meyakinkan wisatawan untuk berkunjung.

Hal yang sama untuk calon investor harus diberi informasi dan data awal yang meyakinkan,  supaya dia mau datang dan menanamkan capitalnya di daerah.

Meski demikian dari sisi peran pers sebagai kontrol sosial maka Fortuna juga kerap mengkritisi minimnya dukungan infrastruktur dasar yang wajib dibangun pemerintah guna menggenjot minat kunjungan dan peluang investasi  di daerah.

Kritik media juga soal sering terhambatnya proses perizinan, masalah sampah, serta mental dan kesiapan SDM pariwisata yang belum mamadai. Apalagi saat ini NTT menjadi daerah paling seksi dan jadi sentra investasi yang paling ideal dan butuh kesigapan dalam menatap masa depan.

Nah, relasi media dalam konteks ini harus ditingkatkan dan terus dibangun agar dari situ redaksi mendapatkan informasi dan data-data yang dibutuhkan. Adapun data yang diperlukan redaksi misalnya berkaitan dengan potensi dan daya dukung suatu daerah, informasi tentang program kerja dan kebijakan pemerintah dan stakeholders lainnya.

Data dan informasi itu kemudian diolah redaksi sesuai kaidah dan segmentasi medianya menjadi sebuah produk jurnalistik yang siap dipublikasikan di Tabloid,  Majalah dan juga Website resmi Fortuna https://fortunaexplore.com

Kantor Redaksi FORTUNA di Bilangan BMG, Kelurahan Bello, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Foto : Doc. Fortuna

Media 2 Bahasa Satu-Satunya di NTT

Ditanya soal Profil Media, Tim Redaksi dan juga jaringan relasi dan distribusi Fortuna, Fidel menjelaskan bahwa sebagaimana regulasi yang baru, Fortuna bernaung dibawah PT. Fortuna Explore Indo, Terbit Sejak tahun 2007 dan saat ini telah Diverifikasi Administrasi oleh Dewan Pers.

Adapun produk jurnalistik yang dihasilkan oleh PT. Fortuna Explore Indo adalah dalam bentuk Tabloid, Majalah Fortuna 2 Bahasa (Indoensia- Inggris) dan situs resmi https://fortunaexplore.com

Dijelaskan saat ini FORTUNA dibantu 26 orang rekan kerja (kontributor) yang berada di NTT, Bali, Bima, Jawa dan Timor Leste. Adapun terbitan Tabloid Fortuna didistribusikan di kabupaten/kota di propinsi NTT sedangkan Majalah Fortuna didistribusikan di Propinsi NTT, NTB, Bali, Surabaya, Jogjakarta, Jakarta, Timor Leste, didalam kabin pesawat TransNusa dan dikirimi ke 18 Kantor Kedutaan Asing yang wisatawannya potensial berkunjung ke NTT.

Dengan keunggulan sebagai media yang diterbitkan dalam 2 bahasa (Indonesia dan Inggris) dan menjadi yang pertama dan satu-satunya di Propinsi NTT maka keberadaan media FORTUNA tentu punya pangsa pasar tersendiri.

Untuk diketahui empat orang mahasiswa JIKOM Undana yang berkunjung ke Redaksi Fortuna tersebut atas nama Jaksan Bailaen, Prischa C. Banunaek, Trisakti Oktovianus, dan Maryani S.L.Taolin. Sebelum diterima Pemred Fortuna Fidelis Nogor untuk berdiskusi di ruang kerjanya, mereka juga menunjukan Surat Izin Pengambilan Data yang ditandatangani oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Fisip Undana Kupang, Yohanes K.N.Liliweri.Sn,M.Sn.

Para mahasiswa tersebut yakin dengan data yang sudah didapatkan dari FORTUNA menjadi referensi yang memadai bagi mereka untuk penulisan tugas Mata Kuliah “Media Relations” yang dibebankan kampus. (tim/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *