Romantisme Itu Hanya Ada di Tanjung Kajuwulu Maumere

Para pengunjung memadati Tanjung Kajuwulu. Foto : Wilfrid

Keindahan alam, budaya serta wisata religi di Indonesia Timur tentu membuat siapa saja pasti terpikat. Salah satu pesona wisata alam yang unik dan wajib anda kunjungi ketika berada di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur adalah Bukit Tanjung Kajaluwu.

Bukit eksotis yang berada sekitar 15 kilometer arah Barat Kota Maumere ini menawarkan panorama yang mengundang decak kagum. Pengunjung yang bertandang ke tempat ini seakan berada diambang langit yang tinggi sambil menikmati bentangan alam teluk Maumere yang sangat menakjubkan

Hawa puncak dan semilar angin yang menyegarkan raga itu melengkapi kesan puncak yang biasanya terik disengat sang mentari. Tidak hanya itu Tanjung Kajuwulu juga manawarkan landskap lepas pantai yang sangat indah dengan panorama pasir putih yang aduhai. Di sebelah Barat kawasan ini menuju Magepanda anda juga disuguhi pemandangan persawahan yang elok membahana.

Salah Satu spot dengan view panorama persawahan menuju Magepanda. Foto : Tomy

Bagi anda Kaum Nasrani, disini ada juga spot untuk anda bisa melakukan aktivitas rohani. Dibawah kaki salib suci yang sangat besar atau lazim disebut Taman Eden itu anda bisa menunaikan niat bathin anda. Salib setinggi kurang lebih 5 meter itu ditancap persis dipuncak Bukit Kajuwulu yang indah itu.

Bagi yang ingin mencapai puncak salib tersebut anda harus berlelah-lelah menaiki ratusan anak tangga. Tidak usah kuatir karena setiap dekap anak tangga menawarkan pesona dan foto spot yang menarik untuk diabadikan. Hamparan savananya kian menggoda cemas dari  ketinggian

Beberapa unit Gazebo yang telah dibangun dibibir bukit karang itu. Foto : Fortuna

Nah, untuk sampai ke Tanjung Kajuwulu, anda harus menempuh jarak kurang lebih 15 km dari arah Kota Maumere dengan semua jenis kendaraan. Akses dari Maumere ke Tanjung juga sangat aman dan nyaman karena termasuk salah satu ruas jalan utama yang mengubungkan Trans Utara Flores dari Maumere ke Mbay.

Perjalanan wisata anda ke Kajuwulu juga dipastikan berkesan. Ketika melintasi ke area tersebut dari arah Wuring, Anda disuguhkan pemandangan bukit-bukit tipikal bebatuan dengan hamparan savana yang yang kian memikat. Dikala musim penghujan padang savana ini seakan menjadi oase hijau nan indah. Demikianpun ketika musim kemarau tiba, padang itu akan berubah jadi bukit tandus dengan hamparan rumput kering yang khas dan tidak kalah menarik untuk kepentingan berburu foto-foto unik.

Pesona Kajuwulu dan Manara Pandang dari puncak. Foto : Wilfrid

Melihat pesona Tanjung Kajuwulu yang indah dengan pantai berpasir putih yang eksotis itu maka Pemerintah Daerah kabupaten Sikka telah melengkapi kawasan itu dengan fasilitas penunjang. Ada beberapa unit Gazebo, pos masuk, jogging track, penerangan dan lampu taman, menara pandang, juga akses jalan ke pantai yang nyaman.

Pantauan Fortuna destinasi ini juga makin indah dan bersih tanpa sampah yang berserahkan. Sisa sampah pengunjung bisa disimpan pada 1 tong sampah yang disiapkan. Berharap kesadaran warga dan pengunjung menjaga keasrian lingkungan ini dengan tidak membuang sampah sembarangan

Bahkan saat ini ada investor yang telah membangun sebuah resort yang tak jauh dari lokasi itu. Diharapakan  resort itu bisa melengkapi keindahan Tanjung Kajuwulu dan kebutuhan wisatawan yang ingin lebih lama menikmati panorama Maumere.

Tidaklah mengherankan dengan magnet wisata yang kuat serta dukungan infrastruktur destinasi yang memadai maka Fortuna merekomendasikan tempat ini sebagai destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan ketika berada di Maumere.

Lokasi ini juga sangat tepat bagi para traveller atau petualang selain jadi lokasi shooting film-film bertajuk adventure dan atau film dokumenter dengan latar alam dan panorama khas.

Pasangan Muda Mudi beranjangsana. ke puncak salib. Foto :Wilfrid

Benar, Tanjung Kajuwulu mengawinkan tiga manfaat sekaligus bagi wisatawan. Anda dapat memotret pesona alam yang indah, pantai pasir putih yang eksotis juga menikmati indahnya bentangan teluk Muamere yang sangat indah itu dari puncak.

Berada di Tanjung Kajuwulu wisatawan pun berkesempatan mengukir romantika yang tak berkesudahan. Romantisme itu menyatu dengan tiga keindahan alam yang syaduh, menyata dan bening langsung dari bukit salib. (wilfrid/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *