Gagas Spot Wisata Kuliner Baru, Pemuda Nangadhero Gelar “Nagekeo Seafood Festival“

Senja di Pantai Nangadhero. Foto : Istimewa

Kabupaten Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur memiliki potensi wisata dan sumber daya perikanan kelautan yang tiada duanya. Selain seni budaya daerah, alam dan punya catatan kuat tentang sejarah peradaban Flores, Nagekeo juga memiliki hasil laut yang mumpuni dan sayang kalau tidak dikembangkan menjadi sumber ekonomi baru bagi warga.

Satu spot wisata yang sangat mudah dijangkau di Nagekeo adalah Pantai Nangdhero. Pantai ini berada tak jauh dari kota Mbay, Ibukota Kabupaten Nagekeo. Nangadhero juga menyimpan pesona wisata yamg memantik kagum.

Banyak kalangan berharap pesona yang indah itu bila disandingkan dengan penataan kuliner yang profesional maka kawasan Nangadhero bisa menjadi pusat kuliner baru di Nagekeo yang layak diburu pengunjung.

Untuk alasan itulah maka komunitas pemuda Nangadhero dan pemerintah desa setempat berniat untuk menggelar kegiatan Festival Seafood (Nagekeo Seafood Festival) yang rencananya dihelat pada tanggal 14 -20 Juni 2019 di Desa Nangadhero, kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo.

Nagekeo Seafood Festival ini diharapkan menjadi satu dari sekian cara masyarakat dan pemerintah untuk terus memkampanyekan Nangadhero sebagai sebuah daerah tujuan wisata kuliner baru di Flores dan Nusa Tenggara Timur

Ragam Kuliner Lokal Nagekeo. Foto : Istimewa

Ketua Panitia Pelaksana Festival, Paternus Agung Rewa Bay kepada Fortuna di Nangadhero, beberap waktu lalu mengatakan rencana kegiatan Nagekeo Seafood Festival harusnya digelar pada Selasa, 2 Mei 2019 namun karena beberapa alasan teknis maka event itu diundur ke tanggal 14- 20 Juni 2019.

“Tekad kita menjadikan Nangadhero sebagai spot wisata kuliner baru bagi masyrakat Nagekeo dan siap saja yang ingin menikmati kuliner khas Nagekeo di lokasi ini. Letaknya yang tak jauh dari Kota Mbay menjadikan Nagnadhero sebagai pilihan yang paling tepat,” ujar Paternus

Atas penundaan itu, Ia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat kabupaten Nagekeo yang akan terlibat dalam event wisata kuliner itu. Terkait mereka yang tiketnya sudah dibeli,pihak panitia katanya akan segera berkoodinasi guna melakukan pergantian tiket.

“Kita akan menghubungi mereka yang sudah beli tiket untuk secepatnya melakukan pergantian tiket dan kami pastikan kegiatan tetap dilaksanakan”,jelasnya.

Lahan Persawahan Mbay, Spot Egrowisata Terbaik di Nagekeo. Foto : Fortuna

Ekspos Potensi Laut

Sementara Kepala Desa Nangadhero Mohamad Roslan mengungkapkan dirinya memberi apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia pelaksana yang sudah bekerja keras dalam mempersiapkan suksesnya acara festival dimaksud.

Dikatakan Roslan, Nangadhero merupakan desa yang berada di bagian utara pulau flores dan berada langsung di tepi pantai Utara laut Flores yang mempunyai puluhan potensi laut yang belum dikatahui masyarakat umum.

“Kita punya banyak potensi laut yang belum di ekspos secara baik misalnya udang, kepiting laut, gurita, aneka jenis ikan dan kekayaan laut lainnya,”ungkapnya.

Adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadikan Desa Nangadhero sebagai Desa Wisata sekaligus destinasi wisata kuliner. Melalui Nagekeo Seafood Festival diharapkan bisa menarik lebih banyak orang untuk berkunjung ke Desa Nangadhero dan kota Mbay umumnya.(Belmin/Nagekeo/42na)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *