Inilah Alasan Mengapa Nagekeo Seafood Festival Diundur Ke Tanggal 14 Juni 2019

Ragam Olahan Kuliner Lokal Nagekeo. Foto : Istimewa

Nagekeo Seafood Festival yang rencananya digelar pada Selasa 02 Mei 2019 digeser ke hari Selasa,14 Juni 2019 di Desa Nangadhero, kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Flores Nusa Tenggara Timur. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Festival, Paternus Agung Rewa Bay kepada Fortuna di Nangadhero, Selasa (30/4).

Menurutnya, pergeseran tanggal tersebut disebabkan beberapa hal terutama agenda nasional Pilpres dan Pileg 2019 yang sampai saat ini belum menyelesaikan pleno di setiap tingkatan. Aparat keamaan yang harusnya turut serta dalam menyukseskan kegiatan ini ternyata masih fokus bertugas hingga ke pelosok-pelosok untuk menjamin stabilitas dan keamanan warga.

“Kita terpaksa menunda kegiatan ini sampe bulan Juni karena ada agenda nasional yaitu pilpres, pileg dan DPD yang saat ini masih dalam tahap pleno. Banyak aparat keamanan kita yang masih ditugaskan untuk kawal agenda tersebut,”ungkap Erget sapaan karib Paternus A.R.Bay.

Dimeriahkan oleh Artis Nasional “Duta Kuliner Nagekeo” Azizah KDI. Foto : Istimewa

Penundaan kegiatan tersebut juga kata dia karena menjaga toleransi antar umat beragama, dimana tanggal kegiatan bersamaan dengan Pembukaan Bulan Maria untuk Umat Katolik dan Ibadah Puasa bagi kaum muslim.

Beberapa alasan teknis penundaan juga karena di lapangan karena lokus penyelengaraan kegiatan yang masih dalam proses pengerjaan fisik berupa penimbunan urpil (urukan pilihan) akibat lumpur dan genangan air.

Atas penundaan itu, Ia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat kabupaten Nagekeo yang akan terlibat dalam event wisata kuliner itu. Terkait mereka yang tiketnya sudah dibeli,pihak panitia katanya akan segera berkoodinasi guna melakukan pergantian tiket.

“Kita akan menghubungi mereka yang sudah beli tiket untuk secepatnya melakukan pergantian tiket dan kami pastikan kegiatan tetap dilaksanakan”,jelasnya.

Pesona Wisata Nangadhero. Foto : Istimewa

Ekspos Potensi Laut

Sementara Kepala Desa Nangadhero Mohamad Roslang mengungkapkan dirinya memberi apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia pelaksana yang sudah bekerja keras dalam mempersiapkan suksesnya acara festival dimaksud

Dikatakan Roslan, Nangadhero merupakan desa yang berada di bagian utara pulau flores dan berada langsung di tepi pantai Utara laut Flores yang mempunyai puluhan potensi laut yang belum dikatahui masyarakat umum.

“Kita punya banyak potensi laut yang belum di ekspos secara baik misalnya udang, kepiting laut, gurita, aneka jenis ikan dan kekayaan laut lainnya,”ungkapnya.

Adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadikan Desa Nangadhero sebagai Desa Wisata sekaligus destinasi wisata kuliner. Melalui Nagekeo Seafood Festival diharapkan bisa menarik lebih banyak orang untuk berkunjung ke Desa Nangadhero dan kota Mbay umumnya . (Belmin/Nagekeo/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *