Beri Motivasi Wirausaha, Gubernur Victor Laiskodat Datangi Kopdit Obor Mas

Gubernur NTT, Victor Laiskodat dan GM Kopdit Obor Mas di Ruang kerja Gubernur, Rabu, 24 April 2019. Foto Istimewa

Gubernur NTT, Victor B. Laiskodat berencana mendatangi Kantor KSP Koperasi Kredit (Kopdit) Obor Mas di Maumere Kabupaten Sikka pada tanggal 6 Mei 2019. Kehadiran Gubernur tersebut untuk memberikan motivasi dan semangat berwirausaha bagi segenap anggota Kopdit Obor Mas.

Ia menyasar kelompok pengusaha pemula dan para anggota UKM di Kopdit Obor Mas yang ingin lebih sukses dalam mengelola usaha dan bisnisnya usai mendapatkan pinjaman modal usaha dari koperasi terbaik di Indonesia itu.

Tekad gubernur itu merupakan bagian dari dukungan nyata seorang pemimpin untuk menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru yang sukses di NTT.

Gubernur juga mau mendorong percepatan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah berbasis koperasi di Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Hal itu disampaikan General Manager (GM)  KSP Kopdit Obor Mas Maumere, Leonard Frediyanto kepada Fortuna usai bertemu Gubernur Victor Laiskodat di ruang kerjanya pada Rabu, 23 April 2019 pagi.

Kepada Leonard Frediyanto dan Kepala Dinas Koperasi dan Naketrans Propinsi NTT Sisilia Sona yang menemuinya, gubernur meminta manajemen Obor Mas untuk menyiapkan peserta dan waktu pada tanggal 6 Mei 2019 untuk pertemuan Gubernur dengan para anggota produktif Obor Mas  di Maumere, Kabupaten Sikka.

“Kedatangan saya untuk meminta bapak gubernur hadir memberi motivasi dan Membuka RAT Kopdit Obor Mas pada tanggal 30 April 2019. Beliau mau datang namun karena pada waktu yang sama sudah punya jadwal di Nagekeo dan Ngada sehingga beliau minta hadir ditanggal 6 Mei khusus untuk bertemu para pelaku UKM dan membagi kiat-kiat sukses berwirausaha kepada anggota kami,” papar Frediyanto optimis

Menurutnya, gubernur Victor sangat mengapresiasi program-program pemberdayaan ekonomi anggota yang selama ini digalakan Obor Mas. Salah satu program yang mendapat simpati juga adalah program KUR dimana Obor Mas menjadi satu dari hanya dua koperasi di Indonesia yang mendapat kepercayaan dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Koperasi untuk menyalurkan KUR kepada anggotanya.

Kenapa harus KUR karena melalui KUR para anggota koperasi itu mendapat subsidi bunga pinjaman dari pemerintah hingga belasan persen untuk mengembangkan usahanya.

“Ya kalau bunga pinjaman normal kan bisa 1,5% sampai 2% di sebuah koperasi. Tetapi dengan menjadi koperasi penyalur KUR maka seorang anggota yang mengkases pinjaman modal usaha dari pos KUR di Obor Mas hanya membayar bunga pinjaman sebesar 0,75%. Kecilnya bunga ini tentu sangat membantu anggota karena sudah disubsidi pemerintah,”ujarnya

Pertemuan Gubernur NTT Victor Laiskodat dan GM Obor Mas didampingi Kadis Kopnakertrans NTT, Rabu, 24/4/2019. Foto : istimewa

Opini WTP dan Peningkatan Aset

Ketika ditanya terkait prestasi, progres usaha dan capaian kinerja KSP Kopdit Obor Mas hingga tahun buku 2018, Leonard Frediyanto menyampaikan ada beberapa peningkatan yang sangat menggembirakan.

Pertama Obor Mas menampilkan manajemen pengelolaan keuangan lembaga yang profesional, akuntable dan layak mendapatkan trust dari para pengurus, anggota dan tentu kalangan luas. Hal ini dibuktikan dengan  hasil audit  eksternal yang memberi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lebih  dari 20 tahun berturut-turut

Kedua soal prestasi dan peningkatan kinerja manajemen KSP Kopdit Obor Mas yang mana memasuki tahun buku 2019 mampu membubuhkan progres dari sisi Aset mencapai Rp 729.532.000.455 dengan total simpanan senilai Rp 637.828.531.029.

KSP Kopdit Obor Mas juga mencatat peningkatan dari sisi jumlah anggota. Data yang hingga 31 Maret 2019  jumlah Anggota Kopdit Obor Mas mencapai 88.159 orang  yang tersebar di 13 Kantor Cabang di Propinsi NTT. Adapun total karyawan yang bekerja dan melayani kebutuhan 88.159 anggota Obor Mas yakni sebanyak 326 orang.

Terhadap semua capaian itu, Leonard Frediyanto menyampaikan terimakasih kepada Tim Manajemen, Pengurus , Anggota juga semua pihak yang telah memberi dukungan maksimal bagi perjalanan dan kemajuan Obor Mas hingga memasuki tahun buku 2019. (tim/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *