ASN Sabu Raijua Motori Aksi Bersih-Bersih di Areal Wisata

Pesona Pantai Kepo di Desa Halapadji, tempat para ASN melakan aski bersih-bersih, Jumad (12/4). Foto : Marsel

Kebersihan menjadi asepk terpenting dari daya pikat sebuah destinasi wisata. Menyadari hal itu maka Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua menggerakan seluruh Aparatur Sipil Negara (AASN) di semua lingkup pemerintahan untuk membersihkan lokasi-lokasi wisata yang ada di Kabupaten Sabu Raijua.

Program bersih-bersih ini berlaku seminggu sekali pada setiap Hari Jumad dan sudah dilakukan sejak bulan Februari 2019.

Seluruh pegawai baik baik ASN, tenaga kontrak maupun honor daerah melakukan kegiatan Kerja Bakti Massal di area wisata. Beberapa destinasi wisata yang terakhir disasar yakni di Objek Wisata Alam “Kelabba Maja” di Kecamatan Hawu Mehara dan Pantai Kepo di Kecamatan Liae.

Pantauan Fortuna, Jumad (12/4), rombongan ASN datang di kedua destinasi wisata itu menggunakan mobil dinas, motor dinas juga kendaraan pribadi. Mereka membawa perlengkapan kerja bakti seperti parang, cangkul skop dan juga sapu dan langsung ramai-ramai membersikan kedua tempat wisata itu.

Kelabba Maja sendiri adalah Destinasi Wisata Alam Terbaik yang memenangi Nominasi Surga Tersembunyi tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Anugerah Pesona Indonesia (API) bekerjasama dengan Kemnterian Pariwisata RI.

Kawasan wisata Kelabba Madja itu terus ditata, dibuatkan papan nama dan spot foto yang menarik dari Program CSR Bank NTT. Selain askes jalan dan infrastruktur lain, pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pariwisata juga telah merencakana untuk melengkapi daerah itu dengan beberapa fasilitas yang siap memanjakan pengunjung.

Kelabba Madja juga akan menjadi lokus penyelengaraan Festival Kelabba Madja pada 9 Juli 2019 nanti yang akan dihadiri oleh tamu-tamu penting serta wisatawan domestik dan mancanegara.

Destinasi wisata terfavorit ini berlokasi di desa Wadumaddi Kecamatan Hawu Mehara Kabupaten Sabu Raijua. Berada diatas lereng perbukitan dan dikelilingi pohon duri yang khas. Bukit ini dipercantik dengan pemandagan unik relief tanah berwarna merah maron dan stalagtit yang indah. Disana ada 3 bongkahan batu  dari tanah keras yang berwara nan cantik dan jadi spot foto yang paling menarik.

Kawasan berbukit seluas lebih dari 5 hektar itu tepat berada di perbatasan antara desa Wadumaddi kecamatan Hawu Mehara dan desa Raerobo Kecamatan Liae. Dari puncak Kelabba Madja ini pengunjung bisa menikmati pesona pantai yang landai sejauh mata memandang.

Lokasi ini berjarak sekitar 25km dari Seba Ibukota Kabuapten Sabu Raijua dan dan dapat ditempuh sekitar 45 menit. Akses jalan ketempat ini terpantau masih baik.

Salah satu spot foto terbaik menuju Destinasi Kelabba Madja. Foto : Fortuna

Yarrid Nasa salah seorang PNS di bagian Umum Setda Sabu Raijua kepada Fortuna di Kelabba Madja mengatakan kegiatan itu adalah aksi spontan ASN Sabu Raijua untuk melestarikan dan menjaga kebersihan di spot-spot wisata. Selain di Kelabba Madja, pada hari yang sama sebagian ASN juga membersihkan Pantai Kepo di Desa Halapadji Kecamatan Liae.

Bupati Sabu Raijua Nikodemes Rihi Heke pada kesempatan terpisah meminta setiap ASN di lingkup Pemkab Sab Raijua untuk mendukung program pengembangan pariwisata di Sabu Raijua.

Semua ASN, tenaga kontrak ataupun honor daerah diwajibkan kerja bakti di tempat-tempat wisata yang sudah ditentukan. Hal ini tentu erat kaitan dengan ditetapkannya pariiwsata sebagai sektor unggulan nasional. Dukungan tersebut juga adalah bagian dari langkah pemerintah mendukung target kunjungan wisata nasional sebanyak 20juta orang pada tahun 2019.

Dia berharap semua destinasi wisata di Sabu Raijua harus bersih dan menarik ketika pengunjung datang bukan hanya pada saat Festival Kelabba Madja. Budaya bersih katanya harus sudah menjadi bagian dari keseharian orang Sabu dalam menjaja alam dan lingkungan sekitar. (Marsel/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *