Lokonamon, Pesona Tambatan Perahu Yang Bikin Anda Enggan Tinggalkan RoteNdao

Pesona Lokonamon, Rote. Foto : Doc.Bams

Namanya Lokonamon. Terletak di desa Daiama, Kecamatan Landuleko,  Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Lokasi ini awalnya hanya sebuah tempat penambatan perahu nelayan tradisional selepas mereka mencari hasil ikan dan memanen rumput laut di wilayah perairan Rote.

Posisi tambatan perahu yang berada didalam teluk dan dibingkai bukit-bukit batu karang membuat tempat ini sungguh tenang. Bahkan dikala musim angin Barat tiba, di titik ini ombak tidak berkecamuk kencang; Lokonamon tetaplah jadi titik paling nyaman bagi kapal dan atau perahu nelayan untuk bersandar.

Oleh karena teduhnya kawasan ini maka oleh pemerintah kabupaten Rote Ndao dibangunlah sebuah fasilitas getty atau sejenis pelabuhan rakyat yang lebih moderen untuk menjadi sebuah tempat berlabuh kapal-kapal nelayan.

Foto : Doc.Bams

Gagasan pemerintah ini ternyata membuahkan hasil. Para nelayan semakin terbantu dan merasakan manfaatnya untuk sekedar menepikan perahu ataupun mendaratkan hasil tangkapan ikan mereka. Dermaga rakyat berasa pariwisata inipun akhirnya memberi dampak lebih nyata pada perekonomian mereka.

Satu yang menarik bahwa kendati telah disentuh oleh perkembangan zaman modern tetapi bangunan fasilitas dermaga sederhana ini tidak merusak apalagi merubah keindahan alam sekitar Lokonamon.

Lokonamon bahkan makin eksotis dengan jejeran perahu-perahu nelayan yang diparkir rapih. Magnet wisatanya juga makin lengkap oleh karena suguhan pesona alam, ekosistem perairan serta aktivitas nelayan tradisional itu. Lokasi tersebut seakan “disulap” jadi sebuah dermaga rakyat yang punya nilai jual lebih. Tidak hanya memajukan ekonomi nelayan tetapi juga mempercantik pesona wisatanya.

Pesona Dermaga Lokonamon. Foto : Bams

Laut Lokonamon yang bersih, airnya yang berwarna hijau tosca menambah keelokkan dan daya magis lokonamon bagi para wisatawan. Berkunjung ke Lokonamon jadi menyenangkan karena daya pikatnya yang kian seksi.

Lokonamon bagaikan sebuah telaga raksasa berair tenang. Kejernihanya menyerupai sebuah cermin; pantulan kejernihan airnya menakjubkan; cocok untuk kepentingan pengambilan foto 3 dimensi.

“Awalnya saya hanya dengar info dari warga. Tetapi setelah saya datangi langsung, ternyata lokasi ini memang benar-benar menakjubkan. Tidak salah jika tempat ini cocok bagi wisatawan yang ingin melepas kepenatan. Lokonamon sangat direkomendasikan bagi Anda yang punya hobi snorkeling karena alam bawah lautnya juga keren,” papar Bams Suseno seorang blogger ternama dari Rote Ndao yang selalu populer dengan paket Traveling BAJALANGILA itu.

Pesona Lokonamon. Foto : Doc.Bams

Kepada Fortuna Bams menguraikan kalau Lokonamon sungguh indah dan cocok jadi spot snorkeling karena ragam kekayaan hayati dan biota lautnya. Ada berbagai jenis ikan, coral dan terumbu karang yang sangat indah. Pesona ini bahkan dapat disaksikan langsung tak jauh dari pusat dermaga Lokonamon. Penasaran? Kontak segera Bams Suseno di #Balanggilaa (bajalan sampe puas) dan atau tengok instagramnya di IG @bajalangilaa.

Soal akses menuju lokasi katanya sangatlah mudah. Menjangkau Lokonamon hanya satu arah. Bagi Anda yang berada di Luar Pulau Rote, cukuplah dari Kota Kupang menuju Bandara DC.Saudale atau Pelabuhan Fery Cepat di kota Baa, Ibukota Kabupaten RoteNdao. Dari  Baa Anda bisa menyewa kendaraan roda 2 atau roda 4 ke arah Timur, kurang lebih 45 Km perjalanan darat dengan lama tempuh sekitar 1 jam.

Kondisi jalannya mulus meski beberapa titik sedang dikerjakan, namun saat ini aksesnya sudah lebih cepat, aman dan lancar. Dipastikan keletihan perjalanan anda selama 1 jam akan dibayar lunas setelah menyaksikan suguhan pesona alam dan bahari sekitar Dermaga Lokonamon.

Bams berujar jikalau Rute ke destinasi Lokonamon itu juga merupakan salah satu akses menuju ke selat “Mulut Seribu” yang populer itu. Para wisatawan bisa menyewa perahu-perahu nelayan untuk berwisata mengitari selat Mulut Seribu yang keindahannya kini menghipnotis dunia.

Bams Suseno Owner BAJALANGILA Travel. Foto : Doc.Bams

Banyak wisatawan yang telah berkunjung ke Mulut Seribu berujar bahwa panorama dan pesona Mulut Seribu tak kalah dengan eksotikanya Raja Ampat di Papua.

#satyawinnie, seorang blogger ternama yang beberapa waktu lalu mengunjungi pulau rote dan menyinggahi tempat ini berujar bangga. Dia bersama teman-temanya datang ke Lokonamon untuk melakukan aktivitas snorkeling dan lain sebagainya.

“Here’s a short video from my last journey to Rote #PesonaRote @pesonaid_travel . Wait for the complete version soon yaaaaa! Pada suka gak nonton videonya? (suka ajalah ya),” ungkap Satyawinnie dalam akun instragramnya

Dia berjanji untuk datang lagi ke Rote dan menikmati liburan yang lebih lama di kota sejuta pesona ini.

“Pastinya bakal balik lagi ke sini sih karena banyak tempat yang belum sempat disambangi kemarin di Rote. Idealnya sih seminggu ya biar bisa eksplorasi semuanya,” kata dia

Untuk itulah, Ayoo, mulai rencanakan liburan anda bersama keluarga, sahabat dan komunitas anda. Nikmati ekstotika Tambatan Perahu Lokonamon dan Pesona Mulut Seribu yang kini lagi seksi dan menjadi destinasi wisata unggulan baru di Kabupaten Rote Ndao. Dipastikan kaki Anda akan enggan meninggalkan RoteNdao.  (Tim/42na)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *