Risparia Sebut Ratusan Spot Unik di Sumba Timur Yang Harus Anda Jelajahi

Pesona Pantai di Belakang Hotel Padadita, tempat Pagelaran Pelatihan Wartawan oleh Bank Indonesia dan OJK, Jumad (1/3). Foto : Fortuna

Sumba Timur. Itulah nama salah satu kabupaten dengan aneka pesona wisata menakjubkan di Propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Daerah ini memiliki spot-spot wisata yang mendunia.  Alamnya indah, baharinya memikat. Disana kekayaan megalitik, kampung adat hingga tenun ikat jadi suguhan menarik yang sayang kalau dilewatkan.

Hingga saat ini ratusan objek wisata potensial dieskplor, didata dan terus dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata. Beberapa spot wisata minat khusus di Sumba Timur bahkan sangat direkomendasikan bagi wisatawan penikmat budaya, sejarah  dan juga arkeologi. Berkunjunglah ke Praiawang, Prailiu, Rende; disana Anda bisa menikmati eksotisme kampung adat, ragam karya tenun ikat dan khazanah megalitik yang syarat pesan budaya, historis dan magiznya.

Tidak mengherankan dengan kekuatan objek-objek wisata dan daya dukung promosi serta akses transportasi yang terus dikembangkan maka Sumba Timur dan pulau Sumba secara umum sering dikunjungi bahkan menjadi destinasi wisata favorit yang paling diburu wisatawan.

Oleh karena magnet wisatanya yang khas dan memikat ini pula, Pulau Sumba termasuk Sumba Timur dijuluki sebagai Pulau Terindah di Dunia versi sebuah majalah wisata ternama di Jerman.

Inilah alasan yang kuat mengapa pemerintah setempat terus berjuang agar sektor kepariwisataan mendapat tempat istimewa dan sektor menjadi unggulan dalam prioritas program pemerintahan Bupati Gidion Mbiliyora dan Wakil Bupati  Umbu Lili Pekuwali.

Pejabat OJK Pusat, Akta Bahar Daeng mengunjungi Galeri Tenun Ikat Prailiu Yang Dibangun Bank Indonesia, Jumad (1/3). Foto : Fortuna

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur, Risparia Ranggabani,SH kepada puluhan wartawan yang berkunjung ke Objek Wisata Wairinding belum lama ini mengatakan Sumba Timur  memiliki pesona wisata yang komplit.

Ada alam budaya, bahari dan juga wisata sejarah budaya yang sangat kuat daya tariknya. Wisata sejarah dan megalitik ini juga erat kaitannya dengan filisofi dan peradapan orang Sumba

“Hingga saat ini kita sudah terdata dan ditetapkan 162 objek  wisata. Jumlah ini  setiap tahun pasti bertambah karena Sumba Timur sangat kaya. Kapan dan dimana saja kita bisa ketemu n kenali tapi masih terbatas askes infrastruktur jadi kita belum masuk kesana,”ungkap Risparia yang saat itu memimpin Staf Disparbud Sumba Timur memasang papan nama Bukit Wairinding dilokasi setempat.

Risparia Ranggabani. Foto : Fortuna

Dalam konteks wisata alam katanya, Sumba Timur memiliki Pantai Watuparungu, Londalima, Tarimbang, Walakiri, Kalala serta pantai lainnya yang mempesona. Belum lagi wisata Air terjun dan hamparan savana yang menggoda dan khas milik rakyat Sumba.

Pantai  Tarimbang bahkan saat ini menjadi spot surfing terpopuler karena keunikan ombaknya yang bisa memecah ke kiri dan kanan dengan garis pantai pasir putih dan cekungan unik yang sangat menggoda.

Selain keindahan alam, daya tarik Sumba Timur juga karena pesona budaya dan sejarahnya. Ada kampung adat, kampung megalitik, di Praiwang, Praingu Prailiu, Rende dan lainnya yang sering diburu wisatawan.

Nah, untuk memasarkan maget wisata Sumba Timur pihaknya terus mempromosikan melalui Website Pemda, selain melalui media masa cetak  eletronik, pagelaran event dan promosi via social media yang terus dimotori Kabid Destinasi Yudi Rawambaku.

Semua program dan agenda promosi ini diharapkan bermuara pada peningkatan arus kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Dengan banyak orang berkunjung ke Sumba maka ekonomi daerah bergeliat dan masyarakat bisa merasakan langsung manfaat ekonomi dari sektor pariwisata.

Eksotika Bukit Wairinding. Foto : Fortuna

Untuk diketahui, kunjungan puluhan wartawan ke Sumba Timur kali ini adalah dalam rangka Program Pelatihan Wartawan yang digelar Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keungan (OJK) di Waingapu dari tanggal 28 Februari hingga 2 Maret 2019. Berbagai Materi tentang kinerja Bank Indonesia, Sinergitas para stakeholders hingga maraknya Investasi Bodong yang kerap diperguncingkan dikupas tuntas bersama OJK dalam forum ini.

Kegiatan selama 3 hari yang dipusatkan di Padadita Beach Resort itu juga diisi dengan kunjungan ke beberapa destinasi wisata populer di Sumba Timur antara lain di Bukit Wairinding, Kampung Tenun dan Galery Prailiu, Galery Tenun Ikat Kalu dan Objek Wisata Pantai Londalima. Penutupan kegiatan digelar di Pantai Walakiri sambil menikmati sunset. (fdl/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *