Bukit Tomberabu Ende Yang Memanjakan

Pengunjung Bukit Tomberabu. Foto : Mega Selfie

Bagi Anda penikmat wisata alam atau petualang yang ingin menjajal medan ekstrim maka lokasi yang satu ini menjadi spot yang sangat direkomendasikan. Ya bukit batu raksasa ini menawarkan sejuta pesona yang indah, asyik dan tentunya memanjakan mata. Ayo rencanakan waktu anda, tengoklah Bukit Tomberabu di Ende – Flores.

Foto : Dok.Pribadi

Bukit terjal nan agung ini terletak di Kilometer 14 Jalan Trans Flores jurusan Ende – Maumere. Lokasi ini sangat mudah dijangkau karena terletak persis di lajur kiri jalan negara yang menghubungkan kedua kota itu. Dari Bandara Hasan Aerobusman Ende Anda bahkan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menggapi panorama yang manakjubkan itu

Bukit karang itu sekilas nampak gagah bagaikan batu candi berlekuk-lekuk. Rasa was-was oleh karena jalanan hotmiks yang sempit dan mengerikan itu pasti; apalagi diapit bibir tebing yang terjal dan curam. Namun rasa itu seketika dipastikan terobati karena pancaran bukit batu nan indah didepan mata. Sangat menakjubkan dan sayang kalau anda lupa menikmatinya.

Nah waktu yang paling pas dan direkomendasikan untuk beranjangsana ke “bukit batu” Tomberabu adalah pada bulan Desember hingga April. Pada bulan-bulan tersebut Anda dapat menikmati bukit nan cantik itu lagi dilumuti padang savana yang hijau dan tentunya memanjakan mata. Benar, pada bulan-bulan itulah Tomberabu mengumbar keranuman pesonanya

Foto : Dok.Pribadi

Mengunjungi Tomberabu di musim-musim penghujan pula maka pengunjung seakan mendapatkan bonus. Kontur Tomberabu bahkan semakin kompit dengan luncuran beberapa air terjun  dari cekungan karangnya. Air terjun yang tingginya mencapai ratusan meter itu sangat indah dan pasti menggoda anda untuk lebih lama ditempat itu.

Pesona Tomberabu juga akan semakin lengkap karena dari kejauhan itupula anda dapat menikmati hamparan sawah warga nan landai yang mengapit raksasanya bukit Tomberabu dengan aliran sungai yang terjal namun eksotis itu.

 

Jadi Landmark Ende

Mega Selfie, seorang pengunjung kepada Fortuna yang lagi memotret panorama Tamborabu saat itu mengaku sangat senang bangga berkunjung ke Tomberabu. Dia bahkan sering menghabiskan waktu bersama kawan-kawannya untuk berselfie ria ataupun mengabadikan destinasi wisata alam kebanggaan kabupaten Ende itu.

“Disini selain keindahan panorama bukitnya tetapi juga suasana alam pedesaan yang sangat memikat. Banyak spot foto yang bisa dijadikan lokus bagi para pemburu foto landscape. Nah saya dengan kawan-kawan sering berlama-lama disini karena memang bukit ini letaknya juga strategis di jalan negara. Banyak foto terbaik bisa lahir dari sini,” ungkap Mahasiswi semester 7 Jurusan FKIP Universitas Flores yang punya hoby fotografi itu

Mega Selfie . Foto : dok.Pribadi

Menurutnya Kabupaten Ende tidak hanya memiliki Danau Kelimutu yang rupawan itu tetapi juga banyak destinasi wisata alam, bahari dan budaya yang memikat. Bukit Tomberabu baginya sudah disediakan Tuhan bagi makluknya di bumi Ende untuk dinikmati bahkan tidak harus mengeluarkan biaya apapun untuk menatanya lagi karena panoramanya sangat alamiah.

Namun demikian kepada para pemangku kepentingan khususnya Dinas pariwisata Kabupaten Ende, Selfie meminta agar sedapat mungkin mencari satu spot yang paling pas untuk dibangunkan Papan Nama untuk Landmark. Hal ini penting untuk memastikan bahwa bukti Tomberabu benar-benar ada di Ende. Landmark itu bisa dijadikan photo boad (titik foto terbaik) dengan latar belakang Bukit Ajaib itu.

Dengan adanya photo boad itu maka siapapun yang melintasi kawasan itu bisa sejenak beristirahat dan mengabadikan lokasi itu untuk kepentingan promosi potensi daerah. Selain berfoto-foto tet

api juga bisa dibuatkan dalam videoflog yang bisa dipasarkan lebih luas melalui sosial media.

“Ini kan jalan negara, Trans Flores Ende – Muamere. Sangat strategis. Daripada pemerintah menghabiskan anggaran untuk menata destinasi wisata yang berada di pedalaman  kampung, lebih baik promosikan yang ada didepan mata dan mudah dijangkau publik,” ujarnya.

Foto : Dok.Pribadi

Untuk diketahui Bukit Tomberabu sering menjadi tontonan menarik bagi siapa saja yang melewati kawasan itu. Semua wisatawan yang mengunjungi Danau Kelimutu, Moni atau kampung-kampung adat disekitarnya pasti melewati jalan Bukti Tomberabu.

Itulah sebabnya kalau saja Tomberabu ditata menjadi spot wisata yang baik maka bisa juga membawa manfaat bagi kepentingan promosi Ende sebagai kota pariwisata dan juga berpotensi meningkatkan ekonomi lokal. Para pedagagang asongan dan usaha jasa lainnya pasti akan tumbuh seiring dengan penataan kawasan itu.

(Tim/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *