Segera Digelar Enagera Beach Festival di Nagekeo

Pesona Pantai Enagera Nagekeo. Foto : Istimewa

Pantai Enagera adalah salah satu objek wisata yang dimiliki Kabupaten Nagekeo, Propinsi Nusa Tenggara Timur dan terletak di desa Wolotelu kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo. Pantai nan ekostis ini berjarak sekitar 80 kilometer dari kota Mbay Ibukota kabupaten Nagekeo atau 25 Kilometer dari jalan negara Ende-Bajawa. Akses jalan menuju tempat pariwisata ini cukup memadai

Untuk menuju Pantai Ena Gera, anda membutuhkan waktu 1,5 jam mengunakan kendaraan roda dua apabila berangkat dari Kota Ende. Di sini anda dapat menikmati kuliner masyarakat seperti ikan bakar, jagung bakar, dan pisang bakar yang dijual dengan harga terjangkau.

Tempat ini tergolong unik dibandingkan dengan pantai lainnya di wilayah selatan Kabupaten Nagekeo. Dianggap unik karena dari beberapa pantai yang berada di Kecamatan Mauponggo, hanya pantai ini yang memiliki pasir, sisianya berbatu. Pasir putih yang bersih bahkan membuat wisatawan ingin berlama-lama di pantai selatan Flores itu.

Menurut cerita warga sekitar, konon ada seorang pemilik tanah yang bernama Gera terjebak dalam gua kelelawar. Gera kemudian berhasil keluar dari dalam gua dibantu oleh seekor kutu yang membuat terowongan keluar. Nama ‘Gera’ kemudian digunakan sebagai nama lokasi wisata ini, sedangkan nama ‘Ena’ adalah bahasa daerah masyarakat setempat untuk menyebut pantai, sehingga Ena Gera sama dengan pantai Pantai Gera.

Meski demikian eksotisnya,  Pantai Enagera belum dikenal luas. Animo wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengunjungi Pantai Enagera masih sangat kecil. Enagera bahkan hanya sebatas tempat rekreasi pilihan warga lokal Nagekeo. Promosi menjadi syarat mutlak untuk mengangkat pesona pantai ini ke mata regional nasional bahkan dunia.

Menyadari manfaat promosi potensi daerah itulah, Para Pemuda Mauponggo yang bergabung dalam Pemuda Mauponggo Event Organizer segera menggelar event promosi wisata dan budaya langsung di pantai Enagera. Event dengan tagline “Enagera Beach Festival Budaya”  itu akan dihelat pada tanggal 26 Februari hingga 5 Maret 2018

Adapun event akbar itu akan dikemas unik  dengan memadukan beberapa Tema Budaya Lokal Nagekeo. Ada konsep live music jazz, live music dangdut, serta lomba tarian tradisional oleh sangar-sanggar budaya yang ada di propinsi Nusa Tenggara Timur.  Ada juga workshop budaya, pameran kuliner lokal dan pameran hasil kerajianan masyarakat yang akan dihelat bersaaman dalam event ini.

Lodofikus Raga Muja. Foto : Dok.Pribadi

Ketua “Pemuda Mauponggo Event Organiser” Lodofikus Raga Muja  berharap pagleran evetn wisata budaya itu makin mempopulerkan pantai Enagera sebagai sebuah destinasi wisata unggulan yang berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan lokal, demestik dan mancanegara.

Dia juga berharap dengan dukungan penuh dari Pemerintah kecamatan Mauponggo magnet wisata Pantai Enagera mendapat perhatian dari pemerintah Kabupaten Nagekeo menjadi satu obyek wisata unggulan. Dukungan itu tentu berupa pembangunan fasilitas penunjang wisata di Pantai itu sehingga dari sana ada peningkatan pendapatan asli daerah selain menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar tempat wisata itu.

Adapun Jenis kegiatan yang akan digelar pada Enagera Beach Festival Budaya yakni Work Shop Budaya, Lomba tarian tradisional, Lomba dero kreasi, Bazar kuliner lokal,  Pameran hasil kerajinan masyarakat Nagekeo, Live pertunjukan Melo Etu (tinju adat). Event itu akan dihadiri Puteri Pariwisata Indonesia Gabriela Patricia Mandolang dan diramaikan Live Music Perfomance oleh artis nasional kelahiran NTT Mario Klau

Menurut Lodofikus Festival itu akan melibatkan seluruh masyarakat umum Ngada, Nagekeo dan Ende, dan juga melibatkan sanggar-sangar budaya yang ada di Pulau Flores yang diperkirakan mencapai 5000 orang. Selain terbuka untuk wisatawan mancanegara dan domestik, beberapa tamu kehormatan yang dipastikan menghadiri acvara tersebut yakini Wakil Gubernur NTT,  Ketua Dekranasda NTT  Julia Laiskodat, Ketua DPRD NTT  Anwar Pua Geno, Bupati Nagekeo Dokter Don Bosco Do, Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja, Pimpinan DPRD Nagekeo bersama seluruh Pimpinan SKPD Kabupaten Nagekeo dan  Budayawan  FR. Moonfort, BHK.

Pagelaran Enagera Beach Festival Budaya ini didukung penuh oleh Pemda Nagekeo, Bank NTT Cabang Nagekeo,  dan Tabloid/Majalah Fortuna. (tim/fdl/42na)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *