Menggembirakan Kinerja Bank NTT Cabang Kefamenanu

Piagam Penghargaan Cabang Kefa Sebagai Penampil Terbaik 2018. Foto : Istimewa

Manajemen Bank NTT Cabang Kefamenanu terus membubuhkan karya monumental dalam perjalanan tahun buku 2018. Capaian kinerja Bank NTT Cabang Kefa menunjukan trend positif baik dari sisi pertumbuhan Aset, Kredit, Simpanan, Laba hingga NPL dari Triwulan I hingga IV. Bahkan angka-angka yang dirilis hingga 31 Desember 2018 menujukan progres yang menggembirakan meski ada beberapa catatan untuk evaluasi.

Dari sisi Kredit misalnya ada kemajuan yang  melampaui angka yang ditargetkan. Besaran target awal yang dibidik  hanya 456.100 miliar namun realisasi kredit hingga akhir tahun 2018 mencapai capai 480.986 miliar atau terjadi overlap sekitar 24,886 miliar. Penyaluran kredit naik cukup besar yakni di bidang modal kerja sebanyak 18,138 miliar dan konsumsi di 9,588 miliar lebih. Penurunan kredit hanya terjadi disegmen investasi sebesar 3,806 miliar karena berbagai faktor.

Foto : Istimewa

Demikian halnya dari sisi aset, terjadi peningkatan tajam dari target awal hanya 430,745 miliar. Posisi hingga 31 Desember 2018, capaian aset sudah  masuk diangka  497.7198 miliar (hampir 500 miliar atau terjadi kenaikan sekitar 66,974 miliar.

Sementara total Dana Pihak Ketiga (DPK) terbaca hingga akhir tahun 2018 mencapai 304,124 miliar. Rinciannya  yakni Deposito 104,966 miliar, Tabungan 106,478 miliar dan  Giro 92,680 miliar

Nah capaian beberapa segmen ini berdampak pada hasil yang diperoleh manajemen berupa Laba yang mencapai 39,697 milar.

Menurut Pimpinan Bank Cabang Kefamenanu Endri Wardono,SE semua progres yang tercipta adalah bagian dari kerjasama tim yang energik dan solid. Dalam sebuah ukuran kinerja terdapat banyak aspek yang harus diuji lagi dan dievaluasi secara berkala. Disana ada kemajuan tetapi ada juga point yang masih stagnasi dan harus terus dibenahi

Tekait Laba misalnya meski belum maksimal namun katanya capaian itu masih normal dalam sebuah bisnis perbankkan. Pihaknya akan terus memacu pergerakan tim untuk bisa lebih berprestasi di tahun 2019.

Endri Wardono,SE, Pimpinan Bank NTT Cabang Kefamenanu. Foto : Fortuna

 

NPL Hanya 0,74%

Yang manarik dari kinerja Bank NTT Cabang Kefamenanu kali ini adalah penurunan angka Kredit Macet  atau NPL yang sangat menggembirakan. Hingga 31 Desember 2018, angka NPL bahkan hanya tercatat 0,74% padahal bulan sebelumnya NPL masih bertengger diangka 1,20%.

Benar bahwa NPL adalah tradisi umum yang melilit banyak usaha pembiayaan. Kredit Macet juga sering menjadi pemicu ketidakkeseimbangan neraca sebuah usaha. Bahkan NPL yang tinggi menggambarkan tidak sehatnya perusahaan itu. Dalam konteks ini Bank NTT Kefamenanu berhasil mencatat prestasi baik dengan menekan angka NPL hingga ke batas terendah.

Harus diakui kecilnya NPL itu tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama nasabah Bank NTT dengan manajemen. Banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan edukasi kepada masyarakat yang juga adalah nasabah Bank NTT.

“Costumer kita sebanarnya bukan tidak mau bayar pinjaman. Banyak yang mengerti keuangan dia pasti tertib bayar angsuran atau tidak mau tunda. Tugas kita tetap melakukan komunikasi dan pendekatan persuasif. Selain mengingatkan via SMS WA atau telepon, sering juga kita kunjungi tempat usahanya bukan untuk menagih hutang tapi memberi dukungan dan motivasi. Sekaligus usul saran yang perlu untuk kelancaran usahanya. Ini kiat yang bisa kita lakukan untuk membangun relasi, meningkatkan persaudaraan skaligus menekan NPL kita, “ujar Endri Wardono

Dia juga menyingung linearnya pemanfaatan Biaya Operasional ke Pendapatan Operasional (BOPO) tahun 2018 yang masih dalam taraf normal. Kita  pake hanya 55% dari target 65%. Artinya masih hemat dan terkontrol dalam skema yang sesuai dengan tataran operasional,”ujarnya.

Kantor USPD Bank NTT Noemuti. Foto : Fortuna

Best Performance dan USPD Noemuti Terbaik

Capaian Kinerja Bank NTT Cabang Kefamenanu juga menjadi sorotan publik lantas mendapat apresiasi sebagai Cabang Terbaik di acara 5th Service Excellence Award. Event yang digelar di Kupang Desember 2018 lalu tersebut menempatkan Kantor Cabang Kefamenanu sebagai Best Performance (penampilan terbaik). Penghargaan juga diberikan kepada USPD Noemuti Cabang Kefamenanu sebagai Unit Simpan Pinjam Daerah (USPD) Terbaik dari puluhan USPD di NTT.

Pagelaran ini memang menjadi event tahunan yang digalakan Bank NTT. Tujuannya untuk memberi apresiasi bagi segenap insan Bank NTT dan Dedikasi Award bagi para nasabah setia Bank NTT. Tentu banyak indikator penilaian dalam konteks layanan prima (Service Excellence). Namun faktor yang paling dominan karena Cabang Kefamenanu dimata tim penilai dipandang berprestasi dalam berbagai capaian dan standar pelayanan. Menyabet penampilan standar terbaik tentu karena disana juga ada dedikasi yang kuat dari manajemen dalam memberikan pelayanan kepada segenap nasabah Bank NTT yang berada di wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste Itu.

Plt. Direktur Umum Bank NTT, Alex Riwu Kaho pada kesempatan itu mengatakan penghargaan yang diberikan bagi Cabang Kefamenanu sebagai bentuk apresiasi Bank NTT kepada para pihak baik karyawan karyawati maupun para debitur atau nasabah atas loyalitas, dukungan dan perhatian dalam mendukung Bank NTT di Kabupaten Timor Tengah Utara. (tim/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *