Nangarawa, Pantai Nan Eksotis di Manggarai Timur

Pantai Nangarawa merupakan salah satu destinasi wisata baru yang sangat indah meski belum dikenal luas oleh publik lokal maupun mancanegara. Bagi anda yang ingin menikmati pantai pasir putih dengan karakteristik padang savana yang unik itu, datanglah ke Nangarawa. Pantai ini  terletak di Desa Bamo, Kecamatan  Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur .

Untuk menjangkau tempat ini, Anda dapat menggunakan  sepeda motor, mobil pribadi ataupun angkutan umum. Namun, jika Anda ingin lebih cepat tiba dipantai ini maka menggunakan sepeda motor sangat direkomendasikan. Pantai ini berada sekitar 25 kilometer dari Borong Ibukota kabupaten Manggarai Timur dan dapat ditempuh sekitar 1 jam lebih perjalanan.

Nah mengapa pantai Nagarawa wajib anda kunjungi ketika berada di Manggarai Timur? Selain pesona pantai yang begitu memikat, disini anda bisa menikmati hamparan padang rumput yang sangat luas. Sejauh mata memandang, anda akan dihipnotis oleh panorama savana yang menggoda. Indah nian. Anda juga bisa menikmati lalu lalang ternak piaraan warga seperti sapi, kambing dan kerbau yang begitu leluasa menikmati hijauan dedaun dari balik ombak lepas pantai itu.

Magnet wisata lain yang bisa anda nikmati disini yakni hamparan pasir putih di sepanjang pesisir. Beberapa bongkahan batu besar yang mengimpit pasir putih itu bahkan kian mempercantik eksotika pantai Nangarawa. Menariknya, pantai  ini diapit padang savana, bukit serta lanskap pegunungan Kota Komba yang indah. Sementara di bagian Barat terpantau pegunungan Poco Ndeki, hamparan padang rumput mengapit dari Timur serta bentangan indahnya  laut  Sawu yang menggoda dari Selatan.

Meski memiliki magnet wisata yang demikian besar, sayangnya pantai yang indah ini belum ditata dengan baik oleh pemerintah setempat. Akses jalan menuju lokasi ini masih memperihatinkan. Beberapa titik badan jalan menuju tempat ini sudah mulai rusak. Pecah-pecah karena usia dan curah hujan yang terus menggerus.

Karena pesonannya, pantai ini sangat cocok dan terbuka untuk dibangun fasilitas pendukung jasa pariwisata misalnya usaha-usaha penginapan, hotel, vila, cottage atau juga wahana bermain anak dan fasilitas rekreasi. Hingga saat ini, Nangarawa tetap jadi jadi alternatif terbaik bagi rekreasi keluarga

Pantauan Fortuna setiap hari terutama hari libur, ratusan pengunjung dari berbagai daerah mengunjungi pantai Nangarawa. Mereka datang dari Borong, Ruteng, Bajawa dan juga sempat dikunjungi beberapa wisatawan asing.

Beranjangsana ke Nangarawa juga akan menjadi lengkap jikalau dipadukan dengan kunjungan ke Waewole dan atau Pantai Mbalata, di Waelengga yang letaknya tak jauh dari Pantai Nagarawa.

Beberapa warga kepada Fortuna di Pantai Nangarawa meminta pemerintah daerah harus berani mengelola dan menata tempat itu menjadi destinasi  yang layak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Tempat ini sangat indah dan menarik bagi siapapun. Sebagai pengunjung kita minta agar pemerintah melihat Nangarawa sebagai objek wisata yang harus dikembangkan dan ditata segera. Banyak hasil pertanian kita juga bisa dipasarkan disini karena pengunjungnya ramai setiap hari terutama hari libur,”ungkan Destin seorang pengunjung Pantai Nangarawa kepada Fortuna belum lama ini.

Benar bahwa selain memiliki daya tarik wisata, kalau dikelola dengan baik maka Nangarawa bisa menjadi pusat rekreasi bagi keluarga dan wisatawan. Banyak hasil bumi terutama buah-buahan segar yang dihasilkan petani lokal seperti rambutan, salak, mangga, kelapa bisa dipasarkan juga dipasarkan kepada pengunjungi  di lokasi wisata ini. (Edy Dahal/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *