Serunya Berwisata ke Pantai Tapak Kera di Lampung

Pantai Tapak Kera di Lampung. Foto : Ooz Gobang

Satu lagi destinasi wisata yang disuguhkan oleh Sai Bumi Ruwa Jurai, yang berada di desa Kenjuruan, Merak Belantung, Kalinda, Lampung Selatan, Propinsi Lampung. Pantai Tapak Kera, itulah namanya. Pantai ini terbilang baru di mata pelancong.

Awalnya pantai ini dikenal dengan nama Penapa Kekha dalam bahasa Lampung yang berarti tempat kera bertapa dan beristirahat. Konon katanya tempat ini menjadi tempat peristirahatan kera-kera ketika air laut surut. Bisa dibayangkan ratusan kera beristirahat di sepanjang pantai ini. Namun, sekarang kita tidak bisa menemukan kera di pantai Tapak Kera.

Selain itu ada juga mitos yang berhembus bahwa tempat ini dijaga oleh seekor buaya putih.  Mitos ini dibuktikan dengan adanya sebuah batu panjang  yang menyerupai seekor buaya. Setiap pelancong yang bermain ketempat ini dihimbau untuk menjaga setiap ucapan dan tingkah.

Akses menuju ke Pantai Tapak Kera cukup muda. Berjarak sekitar 57km dari Kota Bandar Lampung atau sekitar 2 jam perjalanan menuju Kalianda, dan jika dari Pelabuhan Laut Bakaehuni hanya berkisar 1 jam perjalanan, membuat pantai ini layak dipilih sebagai tempat refreshing di hari libur keluarga anda.

Pantai Tapak Kera merupakan pantai berpasir putih yang dihiasi batu karang yang berjejer sepanjang pantai.  Batu karang yang terukir alami oleh Pencipta ini berdiri gagah menghadang badai lautan dan gemuruh ombak yang cukup ganas.

Bagi yang suka Hiking batuan karang di pantai ini menjadi sensasi yang luar biasa. Ada juga karang yang bentuknya seperti pintu masuk, saya menyebutnya dengan “karang bolong”. Selain itu terdapat pula karang yang bentuknya seperti stupa dan karang yang bertingkat laksana candi yang indah. Sangat menakjubkan.  (Ooz Gobang/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *