Tim Sepak Bola SOINA NTT Sukses di Malaysia

Sekretaris Pengda Soina NTT Falens Bhalu dan Kontingan Bertemu Wagub Josep Nae Soi sebelum berangkat ke Kualalumpur, Selasa (3012). Foto : Fortuna

Tim Sepak Bola Special Olimpic Indonesia (SoIna) Propinsi NTT yang mewakili Indonesia menorehkan prestasi membanggakan sebagai Juara Olympics Southwast Asia Unified 5 – a – Side Football Tournament di Kuala Lumpur. Pada Partai Final yang digelar di Stadium Arnena Universitas Malaya Kuala Lumpur, Kamis (6/12), Tim Soina NTT- Indonesia berhasil menundukan tim tuan rumah Malaysia dengan skor tipis 3:2

Setelah sama-sama mengalahkan 3 tim sebelumnya dan memetik point penuh maka Tim Indonesia dan Malaysia akhirnya berhadapan di final memperebutkan trophy juara pertama.

Pada Laga Final tersebut “Pasukan Komodo” julukan sepak bola SOINA NTT – Indonesia itu bermain sangat apik melawan debutan dari Malaysia. Pertandingan yang dipimpin wasit dari Singapore  itu berlangsung seru dan dalam tempo tinggi.

Sejak Kick Off dan babak pertama dimulai, tim Malaysia langsung membombardir pertahanan Indonesia melalui serangan-serangan yang menyasar ke gawang Indonesia.  Tidak menunggu waktu lama, pada menit ketiga Harimau Melaya berhasil membobol gawang pasukan Komodo Indonesia.

Termotivasi oleh langkah cepat pemain malaysia ini, anak-anak Komodo mulai bangkit mengusai pertandingan. Meski demikian kontrol bola yang kurang apik membuat Herman Wadu dan kawan-kawan beberapa kali melakukan pelanggaran dan mendapatkan kartu kuning. Kondisi itu tidak membuat Anak-anak komodo patah arang. Anak –anak asuhan Tarsius Kaha ini kembali melakukan serangan mengantisipasi kekuatan full Harimau Melaya yang begitu yakin akan memenangkan pertandingan.

Usaha para pemain Indonesia ini tidak sia-sia. Pada menit ke 11 kapten Pasukan Komodo Indonesia Herman Wadu Kaho mampu membobol gawang Malaysia. Kedudukan menjadi  satu sama. Sebelum mengakhiri akhir babak pertama, Malef Finif kembali menggandankan gol untuk Indonesia setelah mendapat umpan silang dari Ucok BM yang melewati pertahanan kokoh pemain bertahan Malaysia. Kedudukan berbalik unggul 2:1 untuk Indonesia hingga babak pertama berakhir

Setelah turun minum, tim Harimau Malaya kembali menerkam gawang Indonesia dan berhasil menyamakan kedudukan imbang 2 : 2 . Pelatih Tim komodo Indonesia Tarsius Kaha dan asisten pelatih Yanuarius Ceme Tue  menggantikan beberapa pemain. Dengan kualitas permainan yang hampir sama, kedua tim terus bermain imbang. Baru pada menit ke 75 pasukan Komodo Indonesia ini kembali menyarangkan bola ke gawang Malaysia dan kedudukan berubah menjadi 3 : 2. Gol ini bertahan hingga wasit meniup pluit panjang tanda akhirnya pertandingan.

Dengan kemenangan melawan Malaysia ini mengantarkan Pasukan Komodo NTT sebagai Champions of Olimpics South East Asia Unified 5a-Side 2018. Tim Sepak Bola Soina NTT – Indonesia menambah panjang catatan prestasi di dunia sepak bola Indonesai dan Dunia.  Dalam Turnamen bergengsi ini, Indonesia juga mampu menempatkan Herman Wadu Kaho sebagai Top Scorer  dengan raihan 4 gol selama 4 pertandingan.

Hamdan Saleh Bajo selaku Ketua Delegasi  Indonesia dari Kuala Lumpur melaluil layanan Whattsapp menyampikan proficiat kepada para Pemain dan pelatih. Terimakasih juga disampaikan kepada rakyat NTT dan Indonesia atas doanya serta dukungan penuh pemerintah propinsi NTT. Turnamen internasional ini menunjukan bahwa anak-anak  disababiltas dari NTT mampu menunjukan prestasi hingga di Kanca Asia. Hamdan juga menyampaikan terima kasih untuk Pemerintah Negara Malaysia yang sukses untuk pelaksanaan Turnamen

Falens Bhalu : Anak NTT Bisa

Kegiatan yang digelar tanggal 4-8 Desember 2018 itu mengikutsertakan delegasi dari semua negara di Asia Tenggara. SOINA sendiri adalah organisasi khusus sepak bola bagi anak-anak penyandang cacat Tinagrahita yang selama ini belajar di Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) NTT di Kompleks GOR Oepoi Kupang.

Herman Wadu kaho, Top Scorer. Foto : istimewa

Falentinus Bhalu selaku Sekretaris Umum Pengurus Daerah Special Olimpic Indonesia Nusa Tenggara Timur (Pengda SoIna NTT)  dalam keterangannya kepada Fortuna, Kamis (6/12) mengatakan mewakili Indonesia dihajatan internasional itu bukan baru pertama kali.  Pasukan Komodo ini telah tampil menjuarai beberapa pertandingan ditingkat dunia.

“Anak-anak anak-anak Soina NTT sudah sering berprestasi dalam kompetisi sepak bola dunia yakni di Amerika, Singapura, Thailand juga di Eropa. Itulah sebabnya dalam turnamen kali ini Pengurus Pusat Soina di Jakarta mempercayakan Tim Soina NTT yang mewakili Indonesia untuk berlaga di Malaysia. Ini menunjukan anak-anak NTT Bisa bersaing ditingkat nasional dan dunia,” ujarnya

Dikatakan Falens, sebelum keberangkatan ke Jakarta untuk selanjutnya ke Malaysia, anak-anak asuhan dari Pengda SoIna NTT ini bertandang ke ruang Wakil Gubernur NTT Josep Nae Soi untuk meminta doa dan dukungan dari pemerintah propinsi. Pada kesempatan itu Wagub Nae Soi memberi dukungan penuh dan mendoakan anak-anak NTT itu untuk terus berpacu dalam prestasi dan mengharumkan nama NTT ditingkat internasional. Wagub juga berpesan untuk menjaga nama baik NTT dan menjunjung tinggi sportifivitas dalam bertanding. (tim/ 42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *