Melky Mekeng : Event Perkuat Maumere Sebagai Kota Wisata

Melky Mekeng. Foto : isitimewa

Akbar dan meriah. Itulah kesan pagelaran Maumere Jazz Fiesta Flores tanggal 28 Oktober kemarin. Untuk ketiga kalinya konser musik tematik ini dihelat di Maumere,Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Bersama musisi-musisi kawakan ibukota dan puluhan crew media nasional dan internasional,  sang Penggagas Melky Mekeng ingin menghentak Maumere dengan musik. Kawasan ekowisata Wairita Maumere Timur seakan jadi lautan manusia. Konser ini berhasil menyita perhatian puluah ribu massa.

Ada manfaat yang didapat daerah dari pagelaran sebuah event. Apalagi Maumere Jazz Fiesta Flores sudah menjadi event tahunan yang masuk dalam percaturan Jazz Festival di Indonesia. Ini menjadi kesempatan emas memperkenalkan nama Maumere sebagai kota wisata ke level nasional dan dunia. Betapa tidak, Maumere sebagai salah satu kota wisata  yang memiliki daya tarik lengkap baik alam, bahari, rohani dan juga budaya yang eksotis. Maumere dalam sekejab viral lantaran “ulah” para pewarta.

“Saya dari awal menggagas Maumere Jazz Fiesta Flores ini untuk mengangkat Maumere sebagai sebuah kota destinasi wisata yang patut dikunjungi oleh wisatawan domestik dan asing. Lewat Maumere Jazz Fiesta Flores ini berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke Maumere ,” kata Melky Mekeng di Capa Resort Maumere, (28/10)

Ketua Komisi 9  DPR RI itu bahkan menantang Bupati Sikka yang baru terpilih, Fransiskus Roberto Diogo untuk menggelar even besar dan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Maumere.

“Bupati yang baru ini bisa menciptakan even-even yang memiliki daya tarik dan bisa membuat orang mau datang ke Kabupaten Sikka. Kalau dalam satu tahun pemda minimal punya tiga even, dampak pariwisatanya pasti terasa terutama peningkatan perekonomian masyarakat,” pintanya

Baginya, even-event itu harus dilaksanakan terus-menerus dalam satu tahun sehingga bisa menjadi icon tersendiri. Maumere Jazz Fiesta Flores baginya hanya sebagai pemicu saja. Tinggal kepekaan dari Pemerintah daerah Kabupaten Sikka saja untuk memperkuat dari sisi lain.

Adapun Maumere Jazz Fiesta yang dilaksanakan sebanyak tiga kali selama ini selalu mengambil tema tentang lingkungan hidup. Hal ini dikarenakan pariwisata tidak akan bisa maju kalau lingkungan kita tidak terpelihara secara baik. Wisata tidak akan maju kalau lingkungan kita kotor,” tegasnya

Politisi Golkar ini meminta masyarakat Kabupaten Sikka untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Ketika lingkungan bersih pariwisata Kabupaten Sikka akan maju,katanya  (angga/42na)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *