Paulus R.Tuka,SH : DPRD Dukung Percepatan Pembangunan Pariwisata Sabu Raijua

Bentangan Alam Kall’aba’ Madja, Destinasi Wisata Paling Eksotis di Sabu Raijua. Foto : Johny Rohi- Fortuna

Ketua DPRD Sabu Raijua, Paulus Rabe Tuka,SH menyatakan dukungannya terhadap berbagai program kebijakan pemerintah kabupaten Sabu Raijua yang bermuara pada peningkatan ekonomi dan kesejatheraan rakyat.

Salah satu dukungan nyata dari DPRD yakni mengalokasikan anggaran untuk pegelaran aneka event dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Sabu Raijua pada tanggal 26 Nopember nanti.

Dukungan lain yakni mengalokasikan anggaran untuk pembenahan destinasi, penatalaksanaan organisasi dan kelembagaan serta dukungan promosi pelaksanaan Festival Seni  Budaya Daerah Kabupaten Sabu Raijua yang akan dihelat pada bulan April 2019.

Politisi PDI Perjuangan ini nampaknya memahami benar bahwa urusan menata destinasi pariwisata satu daerah butuh dukungan Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi (3A). Penataan destinasi mesti memperhatikan persoalan akses ke lokasi, isi dalam destinasi, serta apa yang bisa dilihat dan dinikmati dalam kawasan itu.

Syarat itu mutlak diperlukan untuk meningkatkan daya tarik wisata serta memperpanjang lama tinggal wisatawan disebuah daerah tujuan wisata.

Dia meminta pemerintah merancang sedemikian rupa sehingga pagelaran event-even yang bernuasa pariwisata dan budaya mesti menempatkan masyarakat sebagai subjek.  Hanya dengan perlakuan itu maka masyarakat dapat merasakan langsung apa menfaat dari sebuah program kepariwisataan di daerah

Sebuah Spot Wisata Pantai terindah di sabu Raijua. Foto : istimewa

Terkait anggaran untuk pengembangan sektor pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif, Ketua PDI Perjuangan Sabu Raijua itu mengatakan bahwa berapapun anggaran yang bermuara pada kepentingan rakyat pasti didukung.

Yang dibutuhkan dari semua program dan rencana aksi tersebut adalah sebuah percepatan pembangunan kepariwisatan yang berdampak pada peningkatan ekonomi rakyat dan kenaikan angka kunjungan wisatawan.

Baginya Kabupaten Sabu Raijua memiliki potensi wisata yang amat lengkap baik dari sisi alam, bahari budaya dan juga wisata minat khusus. Potensi wisata itu akan berdayaguna bagi kesejatheraan masyarakat kalau dikelola dengan “hati” dan semangat yang sama untuk kesejatheraan rakyat banyak.

“Kita punya banyak potensi wisata baik alam, bahari, budaya dan juga sejarah. Potensi ini adalah anugerah yang diberikan Sang Khalik yang seharusnya dikelola semaksimal mungkin demi kemaslahatan rakyat. Prinsip kami di DPRD kalau anggaran itu bermuara pada kepentingan rakyat pasti kita dukung. Apalagi pariwisata kini tidak saja di Sabu Raijua tetapi telah menjadi satu sektor kunci nasional yang di genjot serius pemerintahan Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla untuk mensejatherakan rakyat,” ujar alumni GMNI Kupang itu.  (tim/42na)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *