Nikmatinya Air Panas “Mengeruda” di Soa Ngada

Salah satu derstinasi wisata di kabupaten Ngada, FLores Nusa Tenggara Timur adalah Air Panas Menggeruda. Objek wisata ini terletak di kecamatan Soa sekitar 23,5 km dari Kota Bajawa, Ibukota Kabupaten Ngada.

Air panas Mengeruda menawarkan kesejukan dan kehangatan. Wisatawan yang datang ke Ngada sering mengunjungi Air panas Mengeruda untuk menghindari kedinginan kota Bajawa dan menikmati kehangatan air yang mengalir dari sungai di bawah rimbunan pohon kelapa.

Air panas itu diyakini dapat menyembuhkan penyakit kulit. Bagaimanapun juga, pengalaman anda mencari kehangatan dengan menikmati air panas di bawah bentangan keindahan alam, di bawah atmosfer alami merupakan kenikmatan tersendiri bagi jiwa dan raga anda.

Di Sumber mata air ini, ada beberapa kolam yang dibangun khusus untuk para pengunjung, termasuk sebuah kolam besar yang bisa menampung cukup banyak orang.

Ketika berada di Soa, anda berkesempatan untuk menikmati ‘sagi’ sebuah pertunjukan tinju tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Soa. Biasanya diadakan saat musim panas atau seusai panen, mulai Mei sampai Juli.

Sagi dipertunjukkan secara berurutan di sekitar kecamatan Soa mulai dari Mengeruda dan berlanjut ke kampung-kampung terdekat. Sagi dipertunjukkan sebagai salah satu festival tradisional yang diinspirasi dari perjalanan nenek moyang beberapa abad silam. (tim/berbagai sumber/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *