Bupati Anton Optimis Kembangkan Embung Lewoklouk Jadi Destinasi Wisata Baru

Lokasi Embung Lewoklouk yang dijadikan Lokus Pagelaran Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 kemarin. Foto : Dino A.

Para Pemuda dan masyarakat Demon Pagong- sebuah kecamatan baru yang terletak di sisi barat Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur ternyata memiliki sejuta ide kreatif atraktif. Momentum HUT Kemerdekaan RI ke-73 dimanfaatkan sungguh oleh mereka untuk mengangkat untaian potensi pariwisata yang selama ini masih sebatas dikagumi. Kolaborasi Komunitas Pariwisata Demon Pagong bersama LSM “Air Hidup” terbukti ampuh menggegerkan bumi Flores Timur dengan event bernuansa pariwisata dan olahraga.

Ada banyak kegiatan yang dirangkaikan dengan HUT RI tahun ini meliputi Kompetisi Sepak Bola Antar Desa Se-kecamatan Demon Pagong, Lomba Mancing Tradisional 7 Desa dan Malam Konser Akustik dan Seni Budaya sekaligus launching obyek wisata baru “Embung  Lewokluok”. Event ini mampu membius ratusan penonton yang terus memadati kawasan Embung Lewoklouk selama kegiatan berlangsung.

Bupati Flores Timur, Anton Hadjon pun turut hadir dan menyaksikan “Malam Konser Akustik” yang unik dan kreatif ala pemuda Demon Pagong saat itu. Dalam sambutannya Anton mengatakan event-event pariwisata yang dilakukan tersebut sangat baik dan strategis dalam rangka mempercepat pengembangan dan promosi pariwisata Flores Timur.

“Ini awal yang baik, sesuatu yang sudah dimulai pasti ada tantangannya, tantangan itu biasa jadi tidak boleh mundur! Terus bergerak dan pastikan yang kalian buat itu baik,” ujar Bupati Anton sambil berharap kegiatan itu terus dilaksanakan di waktu-waktu mendatang.

Terhadap magnet wisata Embung Lewokluok yang kini digagas pemerintah kecamatan untuk dikembangkan jadi destianasi wisata baru, Anton mengatakan sangat mendukung untuk selanjutnya difasilitasi anggaran untuk penatannya

“Embung ini merupakan salah satu aset di desa yang sudah ditetapkan sebagai desa pariwisata. Jadi kita punya alasan yang cukup untuk mengembangkan pariwisatanya. Pemerintah akan memfasilitasi dan siap mengucurkan dana untuk pengembangan embung ini,” tegasnya.

Untuk diketahui Embung Lewoklouk menjadi kian seksi  ketika dijadikan sebagai lokus pegelaran Perayaan Apel HUT Kemerdekaan RI ke-73 oleh pemerintah kecamatan Demon Pagong yang dipimpin camat Yohanes Hurint. Lokasi embung yang sedikit landai, sejuk, hijau rumputnya dengan debit air yang cukup itu ternyata sangat eksotis dan memanjakan mata.

Melihat pesona embung ini maka tekad pemerintah Kabupaten Flores Timur dibawah kendali Bupati Anton Hadjon dan Wakil Bupati Agustinus Boli untuk menata kawasan ini patut diapresiasi. Panitia pagelaran telah menjadi pemicu. Mereka bahkan secara swadaya mendandani lokasi itu menjadi sebuah lokasi yang memikat namun tetap alami untuk sebuah acara se-akbar pagelaran 17-an itu.

Suasana Konser Musik Akustik di kawasan Embung Lewoklouk, (18/8). Foto : Istimewa

Bangkitkan Naluri Wisata Pemuda Lokal

Dimata pelaku wisata, potensi Demon Pagong yang komplit dan seksi pariwisatanya itu memantik minat dan niat pelaku wisata setempat untuk mempromosikannya. Rangkai  event yang digelar adalah bentuk dukungan nyata untuk meningkatkan posisi tawar sekaligus sosialisasi kepada masyarakat setempat dan warga dari luar daerah akan kekuatan potensi lokal.

Ketua Komunitas Pariwisata Demon Pagong Silver Kebelen kepada www.fortunaexplore.com disela-sela kegiatan mengatakan aneka kegiatan yang dimotori Komunitas Pariwisata Demon Pagong dan LSM Air Hidup tersebut bertajuk Pariwisata dan Olahraga”. Tujuannya menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat (khususnya orang muda) akan potensi wisata daerahnya dan mau melestarikan serta ikut serta mempromosikannya.

“Event ini jadi pemicu bagi orang muda dan masyarakat setemapt untuk bangkit mengelola potensi daerahnya. Kita punya banyak sekali potensi wisata contohnya embung Lewokluok ini  tinggal dipoles sedikit saja sudah menjadi daya tarik yang memikat pengunjung”,tutur Silver.

Pria yang juga merupakan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Flotim ini juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang ikut mendukung terlaksananya keseluruhan event tersebut antara lain beberapa NGO (Non Government Organization) seperti Air Hidup, MissolBaseftim dan Wildlife Conservation Society (WCS), PDAM Flotim, Polair,  Polda NTT, PT.Djarum serta media Fortuna dan Pos Kupang.

Silvester Kabelen,SE

Malam puncak event, bertajuk “Konser Akustik Demon Pagong” yang berlangsung di Embung desa Lewokluok itu dihadiri oleh Bupati Flotim bersama Ibu, Kabag Humas Flotim Hery Lamawuran, KadisparFlotim Apolonia Corebima, Camat Demon Pagong Yohanes Ibi Hurint, beserta jajaran. Berlangsung pengumuman pemenang serta penyerahan hadiah juara lomba sepak bola dan lomba mancingtradisonal, dimeriahkan juga dengan suguhan atraksi kesenian budaya lokal dan penampilan band-band lokal. (Adiz/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *