Bersih Pantai dan Laut, Kupang Dive Community Ajak Warga Tertib Buang Sampah

Para Penyelam dari KDC sedang bersiap-siap di Pantai Depan Hotel Aston Kupang untuk melakukan aksi bersih laut.                          Foto : Wilfrid Fortuna

Aksi spontanitas dilakukan komunitas pecinta laut dan konservasi Kupang Dive Community (KDC). Bersama komunitas lainnya mereka terlibat aktif membersihakan pantai di dua titik berbeda yakni di Pantai dan perairan Pasir Panjang depan Hotel Aston dan juga dikawasan pantai Nunsui Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan yang digelar pada Minggu (19/08) itu mengambil titik start di perairan depan Aston Hotel.

Aksi Bersih Pantai di Pantai Warna Nunsui bahkan dihadiri oleh Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur, Drs. Robert Simbolon, M.Si dan Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH. Beberapa pejabat propinsi dan kota juga nampak hadir dan terlibat dalam kegiatan membersihkan pantai tersebut.

Salah satu Anggota Team Divers KDC, Johni Lie Rohi  kepada www.fortunaexplore.com mengatakan kegiatan tersebut merupakan Gerakan Pandu Laut yang digagas oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia. Kegiatan Bersih Laut dan Pantai itu serentak dilakukan di 73 titik di seluruh Indonesia. Aksi nyata ini juga adalah bagian dari memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2018.

Johni Rohi menjelaskan ada 2 aktivitas penting yang dilakukan KDC yakni  Gerakan Bersih Pantai dan Gerakan Bersih Laut. Titik pusat gerakan bersih pantai di Kupang yakni di Pantai Warna Nunsui Oesapa sedangkan gerakan bersih laut dipusatkan di depan Aston Hotel.

Memeriahkan HUT RI tahun ini, ada dua aktivitas penting dalam bersih laut dan bersih pantai ini. Bersih pantai kalau di Kupang ini titik pusatnya di Pantai Warna Oesapa, sedangkan bersih lautnya di perairan pasir panjang depan Aston Hotel,” katanya.

Menurut Johni, kegiatan tersebut bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar lebih peduli pada aspek kebersihan baik itu bersih laut maupun bersih pantai. Dengan mengusung tema “Aksi Bersih-Bersih Pantai & Laut” itu tentunya mendorong agar munculnya komunitas-komunitas baru yang lebih peduli kepada aktivitas-aktivitas bersih pantai dan laut, pasalnya potensi pantai dan laut di Nusa Tenggara Timur sangat luar biasa namun kandalanya selalu pada aspek kebersihan yang kurang terjaga, ujanya.

Hal senada disampaikan oleh Rahmat yang merupakan salah satu penyelam dari Kupang Diver Community. Baginya kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat lebih peduli pada aspek kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan di pantai maupun di laut.

“Ini  tentu sejalan dengan instruksi tegas dari Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Dr.(HC) Susi Pudjiastuti, bahwa kalau ada yang tidak ikut dalam kegiatan bersih laut dan pantai nanti akan “ditenggelamkan.” ujar Rahmat usai menyelam sambil membawa beberapa potongan sampah plastik ditangannya

Rahmat berharap agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan, tidak membuang sampah di laut dan juga mengurangi sampah-sampah plastik.

Sampah Plastik yang dikumpulkan dari dalam dasar laut di kawasan Pasir Panjang.         Foto ; Wilfrid Fortuna

Untuk diketahui, Kupang Diver Community (KDC) merupakan komunitas peduli konservasi dan perairan yang terdiri dari Komunitas Flobamora Diver, Pol Air, SAR, TNI Angkatan Laut,  Perwakilan Mahasiswa dari Undana dan Unkris dan beberapa komunitas peduli laut lainnya.

Pantauan Fortuna, sebelum melakukan aksi bersih-bersih itu, kegiatan di dahului upacara bersama di  kaawasan Pantai Depan Hotel Aston  Kupang. Mereka menyanyikan bersama Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan melakukan penyelaman untuk membersihkan smapah plastik dikawasan tersebut. Selanjutnya peserta menuju Pantai Nunsui Oesapa membawa serta sampah-sampah yang sudah terangkat itu untuk dikumpulkan dengan sampah yang sudah ditumpukan dari pembersihan di kawasan pesisir Pantai Merah Nunsui Oesapa. Sampah-sampah itu kemudian diangkut menggunakan mobil Sampah untuk dibuang di Tempat Pembuang Akhir (TPA). (Wilfrid/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *