Wabup Langoday Sebut Gebyar HUT RI di Lembata Juga Untuk Sukseskan Festival 3 Gunung

Bupati Lembata Eliazer Yantje Sunur,SH dan Wakil Bupati Lembata, Dr.Thomas OLa Langoday,M.Si. Foto : Istimewa

Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur terus menampilkan diri sebagai sebuah kabupaten kepulauan yang dinamis. Daerah ini konon ramai diperguncingkan karena antusiasme masyarakat dan pemimpinnya bersatu hati melakukan percepatan pembangunan lintas sektor. Satu sektor kunci yang terus digenjot dan harus mendapat apresiasi banyak pihak adalah kepariwisataan

Benar, pariwisata Lembata kian mencuat sejak adanya sentuhan serius di masa kepemimpinan Bupati Eliaazer Yantje Sunur dan Wakil Bupati Thomas Ola Langoday. Keduanya memang memberi perhatian serius di segmen ini baik dalam bidang penataan destinasi, kelembagan dan SDM serta bidang promosi wisata. Aneka event pariwisata akbar digelar di Lembata untuk semakin memperkenalkan potensi pariwisata daerah  yang komplit itu ke pasar nasional dan dunia. Ya pariwisata Lembata kian seksi, event-event bergengsi juga digelar disana.

Kalau tahun lalu, Lembata  sukses menjadi Tuan Rumah pagelaran event nasional Hari Nusantara, Lomba Relly Wisata dan aneka event lainnya maka tahun ini beberapa event berkelas internasional kembali digelar di Lembata. Sebut saja event promosi pariwisata  dengan tema besar Festival 3 Gunung (F3G) pada bulan September 2018.

Wakil Bupati Lembata, Dr. Thomas Ola Langoday melalui layanan Whaatsapnya kepada www.fortunaexplore.com mengatakan hari-hari belakangan, Pemda dan masyarakat Lembata sedang giat mempersiapkan peringatan HUT ke 73 Proklamasi Kemerdekaan RI di Lembata. Adapun tema HUT Proklamasi tingkat kabupaten Lembata tahun ini yakni Taan Tou (Kerja Kita – Prestasi Bangsa). Moment ini dirangkai dengan persiapan Festival Tiga Gunung (F3G).

Dikatakan Langoday, kemarin Kamis (16/8) bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke 57 Gerakan Pramuka, pemerintah Kabupaten Lembata  meresmikan masuknya air minum bersih ke tiga desa di Kecamatan Ile Ape yakni  Desa Kolontobo, Riangbao dan Petuntawa.

Dan bersamaan dengan gerakan pramuka tahun ini juga, Pemerintah Kabupaten Lembata dan Pemerintah Desa Kolontobo melepas Bioreftek yaitu sebuah Inovasi Penciptaan Terumbu Karang dengan bahan dasar semen dan tempurung kelapa. Sebanyak delapan bioreftek dilepas di perairan Teluk Lewoleba, tepatnya di perairan Desa Kolontobo.

Sebagai bagian dari upaya menyongsong Festival 3 gunung (F3G) katanya, maka mulai tanggal 15 Agustus dilakukan Karnaval Budaya yang melibatkan seluruh masyarakat Kabupaten Lembata. Karnaval ini juga bakal diikuti Paguyuban Etnis dan komunitas lainnya di Lembata sekaligus penerimaan peserta Sail Indonesia yang masuk di perairan Lembata. Dikabarkan, sebanyak 40 kapal phinisi/ yatch milik peserta sail dari puluhan negara di dunia bakal merapat diperairan teluk Lewoleba.

Masih terkait Festival 3 Gunung katanya, pada malam tanggal 15 Agustus akan dilakukan Launching Jadwal Event F3G yang acara puncaknya akan dilakukan pada tanggal 22-29 September 2018. Pemerintah Kabupaten Lembata menggelar pra aneka event Festival yang dipadukan dengan gebyar HUT  ke-73 Proklamsi Kemerdekaan 17 Agustus 2018.

“Adapun Persiapan lain menyongsong F3G adalah lomba melukis oleh 1000 anak sekolah TK, SD dan SMP yang dilakukan tanggal 16 Agustus sore hari di pelabuhan Jeti Lewoleba. Ada juga Festival budaya Lamaholot melibatkan kabupaten Alor, Flotim dan  Lembata;  Fashion Show, pemecahan Rekor MURI Tenun oleh 1999 anak sekolah dan  lomba dayung lawan arus watowoko,” ujar Mantan Dekan Ekonomi Unwira Kupang ini

Dikatakan kegiatan lain yang digelar pemerintah kabupaten Lembata dalam rangkaian F3G tersebut yakni Paralayang, Festival Payung, dan Lomba Musik Anak Muda Lembata.

Langoday juga memastikan bahwa Pekan F3G yang akan dipusatkan di kawasan Bukit Cinta itu akan dimeriahkan pula lomba pembuatan film dokumenter berdurasi pendek dan pameran Produk Unggulan Lembata yang melibatkan semua pelaku usaha di Lembata. (fdl/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *