Gebyar 12 Tahun CU Bathera Sejathera Maumere

Anggota Credit Union Bathera Sejathera Maumere sedang melakukan transaksi di Kantor CUBS belum lama ini. Foto : Doc.Fortuna

Tepat tanggal 15 September 2018 mendatang, Credit Union Bathera Sejahtera (CUBS) Maumere, Flores Nusa Tenggara Timur genap berkarya 12 tahun. Usia yang boleh dibilang masih remaja untuk ukuran manusia, numun visi sosial dan ekonomi lembaga non bank ini telah membubuhkan tinta emas bagi para anggotanya. Mereka tertolong kebutuhannya, urusan anak-anak sekolah menjadi lancar, ekonomi keluarga pun membaik. Bagi anggota yang berwirausaha, mereka terus meraih impiannya berkat dukungan pembiayaan dari koperasi atau Credit Union ini.

Harus diakui, napak tilas dan perjalanan panjang koperasi itu telah mencatat banyak peristiwa.Tantangan dan pasang surut tentu ada sebagai sebuah organisasi, namun raihan prestasi juga harus diapresiasi sebagai bagian dari perjuangan bersama manajemen, pengurus dan seluruh anggota.

Sejak hadir di kota Tsunami itu 11 tahun silam,  CUBS mendapat tempat dihati warga Maumere Kabupaten Sikka. Ditengah persaingan puluhan koperasi di kabupaten Sikka, CUBS mampu membuktikan dirinya tetap survive. Bahkan kini ribuan orang anggotanya makin setia dan giat memajukan lembaga itu. Manajemen dan pengurus dalam hal ini ditantang untuk terus melakukan kreasi demi kemanfaatan bersama.

CU Bathera Sejathera Muamere tentu telah memiliki banyak produk unggulan baik simpanan maupun pinjaman. CU ini juga konsern dengan berbagai program pemberdayaan ekonomi anggota. Memang, urusan kesejahteraan anggota harus menjadi yang utama, karena apapun alasannya secara filosofis, koperasi hadir karena anggota.

Itulah sebabnya kepada manajemen diminta untuk terus melahirkan format pelayanan terbaik bagi anggota. Hal lain yakni pengembangan SDM dan kelembagaan, pengelolaan manajemen keuangan serta program pro-pemberdayaan ekonomi anggota yang perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu. Untuk rekruitmen anggota secara masif boleh saja, tetapi harus dilakukan lebih selektif, berjenjang dengan mengutamakan aspek pelatihan dan edukasi anggota demi kemajuan bersama.

Manager Cu Bathera Sejathera, Edelbertus Dare.
Foto : Doc. Fortuna

Pelatihan Dasar Gratis Sebelum Jadi Anggota

Menyambut HUT ke-12 tahun ini, Manajemen CU Bathera Sejathera Maumere berniat menggelar aneka kegiatan promotif dan strategis. Tujuannya agar koperasi itu harus mampu berbaur dengan masyarakat dan calon anggota. Selain dimaksudkan untuk merekrut anggota baru, kegiatan yang didesain dalam bentuk perlombaan itu juga erat kaitan dengan upaya mensosialisasikan bagaimana mekanisme baku menjadi seorang anggota koperasi.

Manager Credit Union Bathera Sejathera (CUBS) Maumere, Yohanes Edelbertus Dare dalam rilisnya yang diterima Majalah FORTUNA, (16/8) mengatakan HUT CUBS ke-12 tahun ini dirangkaikan dengan banyak kegiatan promosi, pelatihan dan sosialiasasi tentang CUBS Maumere. Kegiatan tersebut nuansanya lebih kepada hiburan bagi masyarakat umum melalui perlombaan Tarian Kreasi Baru. Manajemen bahkan menyiapkan dana puluhan juta rupiah plus hadiah hiburan untuk para pemenang. Nah bagi mereka yang ingin mendapatkan hadiahnya tentu syarat dan ketentuan berlaku.

“Peserta Lomba ini terbuka untuk umum kecuali pelajar/mahasiswa dan komunitas Sanggar. Selain dikenakan biaya pendaftaran Rp100ribu/kelompok, syarat lain bagi peserta yakni wajib ikut pelatihan dasar dan sosialisasi tentang CUBS secara gratis. Waktu pelatihan ini kita sudah dijadwalkan. Jadi format kegiatanya perlombaan tetapi kontennya promosi dan pemberdayaan masyarakat luas termasuk calon anggota kita nantinya,” ujar Edelbertus

Edelbertus menjelaskan bahwa hari-hari ini untuk menjadi anggota sebuah koperasi itu sangat mudah meski kadang tidak efektif karena berbagai alasan. Event itu juga adalah bagian dari promosi lembaga untuk menjaring calon-calon anggota baru yang efektif melalui program pendidikan gratis dan pelatihan awal yang tepat.

“Nah untuk menjadi sebuah anggota koperasi yang benar itu adalah harus mengenal terlebih dahulu profil lembaga itu. Melalui kegiatan presentasi dan sosialisasi lembaga yang kita siapkan dalam program ini maka seorang calon anggota bisa mendapat info awal yang cukup sehingga ketika bergabung nantinya bisa berguna. Berguna bagi diri dan tentu bermanfaat untuk sesama anggota karena dapat menggunakan jenis-jenis produk yang ditawarkan koperasi, pos simpanan maupun pinjaman yang diberikan secara tepat. Dengan demikian anggota senang, sukses dan lembaga pun bangga karena telah menjadi model media yang tepat untuk pemberdayaan anggota,” ujar Edelbertus

Adapun waktu pelatihan dasar berkoperasi gratis yang dijadwalkan manajemen tersebut yakni  pada tanggal 11 dan 25 Agustus serta tanggal 1, 8, 22 dan 29 September 2018. Kegiatan itu dipusatkan di Kantor Pusat Cu Bathera Sejahtera Maumere di Jalan Mgr. Soegipranoto No.3 Kelurahan Kota Uneng, Sebelah Barat Gereja Santo Yosep Maumere.

Refeksikan Tata Kelola CU

Sementara Ketua Pengurus CU Bathera Sejathera Maumere, Johanes Berchmans, S,Pt secara terpisah kepada Majalah Fortuna, Jumad (17/8) mengatakan bertambahnya usia pelayanan yang dialami koperasi tersebut menjadi momentum yang efektif untuk terus berbenah menuju sebuah pelayanan yang paripurna.

“Ultah ke-12 ini adalah kesempatan untuk melakukan evaluasi dan  merefleksikan bersama program apa yang sudah pantas untuk anggota dan mana strategi pelayanan yang belum pro pada kesejatheraan anggota. Kita inginkan Tata Kelola CU ini benar-benar profesional secara manajemen sehingga outputnya juga mumpuni yakni adanya peningkatan kualitas hidup anggota,”papar Berchmans yang lagi mengikuti Kegiatan Persiapan Penyusunan Strategic Planning  di Surabaya tersebut

Baginya urusan tata kelola Credit union secara baik memang nampaknya mudah diucapkan namun cendrung sulit dalam tataran pelaksanaanya. Nah, apapun alasannya, sebuah  CU/koperasi mau maju dan berkelanjutan maka aspek manajemen dan tata kelola yang baik itu wajib dilakukan. Bilamana  semua syarat baku itu dijalankan maka peningkatan kualitas hidup anggotan bisa dicapai,’ujarnya (tim/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *