Hadiri dan Saksikan, Nubun Tawa Culture & Art Fesfival di Flores Timur

Para wisatawan asing disambut secara adat ketika mengunjungi Kampung Adat di Desa Ile Padung, Kecamatan Lewolema, belum lama ini. Foto : Adiz- Fortuna

Kabupaten Flores Timur di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur memang selalu kesohor ke mata nasional dan dunia karena Tradisi Paskah Tradisional Warisan Portugis “Samana Santa”. Namun kalau ditelusuri lebih jauh daerah ini ternyata menyimpan sejuta aset wisata budaya yang sangat khas dan memikat selain potensi alam dan bahari.

Salah satu warisan budaya Flores Timur yang masih terpatri disanubari masyarakat saat ini adalah Ritual Lodong Ana. Ritual tersebut merupakan sebuah tradisi unik yang masih menyatu dengan peradapan masyarakat suku-suku di Kecamatan Lewolema. Lodong Ana dimaknai sebagai prosesi sakral penobatan bayi menjadi anggota suku yang ditandai dengan pelepasan bayi keluar rumah setelah dipingit selama setahun sejak lahir. Selama masa pingitan, sang bayi tidak diperbolehkan keluar rumah, bahkan tidak boleh terkena sinar matahari sekalipun.

Bagi masyarakat di Desa Bantala, Desa Riangkotek, Desa Sinar Hading dan Desa Ile Padung di Kecamatan Lewolema, Ritual Lodong Ana masih menjadi sebuah tradisi turun temurun yang dilakukan oleh setiap keluarga dan tetua suku di daerah itu.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur, Apolonia Corebima,SE, M.Si

Nah melihat begitu menariknya ritual ini, maka pemerintahan Bupati Flores Timur Anton Gege Hadjon dan Wakil Bupati Agustinus Boli serta masyarakat setempat berinisiatif untuk mengemasnya menjadi sebuah Karya Pertunjukan Seni Budaya yang tentunya eksotis, klasik dan atraktif dalam tema besar Nubun Tawa Culture & Art Fesfival. Pertunjukan akbar ini rencananya dihelat pada tanggal 5-7 Oktober 2018 bertempat di Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur.

Kepada anda penikmat wisata budaya dan juga para pihak yang tertarik dengan urusan pelestarian budaya daerah maka event ini menjadi kesempatan emas bagi anda. Rencanakan waktu anda, datang dan nikmatilah pesona budaya Flores Timur dalam event ini.

Panitia lokal dari Dinas Pariwisata Flores Timur dipastikan mengemas event ini menjadi sebuah paket tour bagi anda yang ingin datang ke Flores Timur. Seperti apa rinciaan kegiatan dan biaya bianya langsung menghubungi Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur c.q. Wilbert Telp/SMS/WA 081339341999 atau bisa akses langsung di laman www.pariwisata.florestimurkab.go.id, di akun FB pariwisata Flores Timur atau twitter pariwisataflotim.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur, Apolonia Corebima,SE,M.Si mengatakan Ritual Lodong Ana yang dirangkaikan dalam Nubun Tawa Culture & Art Fesfival merupakan sebuah event akbar yang akan menampilkan keunikan budaya Flores Timur dari Etnis Lewolema (Lamaholot). Festival ini menurutnya adalah pertunjukan paling lengkap dan tentunya menarik untuk disaksikan secara langsung.

Menurut Apolonia, dalam konteks seni pertunjukan, prosesi Ritual Lodong Ana akan disajikan dengan sangat kreatif, menarik ditonton namun tidak menghilangkan makna historinya. Event ini juga syarat isu pelestarian seni budaya daerah.

“Sebagai sebuah warisan budaya yang unik untuk masyarakat suku setempat, diharapkan ritual ini bisa juga berkesan untuk generasi muda dan masyarakat umum yang ingin menyaksikannya. Kita inginkan event ini selain menampilkan karya-karya seni etnik Flores Timur yang tematik tetapi juga syarat pesan pelestarian budaya lokal,” ujar sosok familiar itu dalam rilisnya yang diterima www.fortunaexplore.com belum lama ini.

Dijelaskan, Nubun Tawa Culture & Art Fesfival akan menampilkan beranekaragam karya seni dan hiburan rakyat diantarnya permainan tradisional, upacara tradisional, teater, karnaval budaya, musik etnik, tarian kontemporer, upacara adat dan tarian tradisional yang sudah hampir punah. Festival ini juga akan menampilkan perfomance musik akustik, dan masih banyak pertunjukan seni dan budaya Flores Timur.

Rumah adat warga Desa Ile Padung. Foto : Istimewa    (fdl/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *