Urusan Makasar-Kupang Jadi Lancar Berkat TransNusa

Agustinus Sola, Pelanggan TransNusa tujuan Makasar- Kupang. Foto : fidel-Fortuna

Pembukaan kembali rute penerbangan TransNusa dari Makasar-Maumere- Kupang, PP selama beberapa bulan ini mendapat tanggapan positif dari para pengguna jasa. Mereka menilai rute ini memberi dampak luas bagi percepatan akselerasi pembangunan ekonomi, bisnis dan pelayanan kemasyarakatan. TransNusa juga memperpendek jarak tempuh dan memperlancar berbagai urusan masyarakat di dua propinsi.

Selama ini kita mau ke Makasar dari Kupang harus lewat Surabaya atau Denpasar. Dengan dibukanya rute Kupang-Maumere-Makasar,PP maka  jalurnya menjadi lebih pendek. Kita rasa lebih hemat waktu dan biaya,” ujar Agus Sola seorang pelanggan TransNusa kepada Fortuna usai mendarat di bandara  El Tari Kupang dari Makasar belum lama ini.

Pria yang sering mengkuti berbagai kegiatan pemerintah di Makasar dan beberapa kota-kota lain di Indonesia Timur itu mengaku sangat terbantu dengan terbukanya rute ini. Selain efektif karena terbang lebih pagi, ketiga kota itu katanya bisa terhubung hanya dalam waktu 2 jam15 menit.

Baginya hubungan Makasar – Kupang sekarang jadi lebih dekat. Orang bangun tidur di Makasar dan bisa minum kopi pagi di Kupang. Ini luar biasa, terimaksih kepada TransNusa yang telah merintis rute ini,” ujar Agus yang  adalah staf di Dinas Pekerjaan Umum Propinsi NTT ini.

Apresiasi yang sama datang dari Muhammad  Irwansa, seorang pengusaha yang berdomisili di Makasar. Selain membuka usaha kelontong disana, dia juga punya usaha  yang sama di Kota Kupang. Baginya rute ini lebih ekonomis dan efisien.

“Selama ini kalau ingin terbang ke Makasar harus mengambil haluan yang jauh dari Kupang ke Surabaya baru ke Makasar. Selain lama waktu dijalan, kita pasti over pesawat dengan waktu yang tak menentu, biaya tiketnya juga jauh lebih mahal. Rute ini rasanya lebih hemat dan efisien. Urusan bisnis jadi lancar dan pasti,” ujar Irwansa

Untuk diketahui, selama beberapa bulan terakhir Meskapai Penerbangan TransNusa  terus melebarkan sayap  usaha dan jangkauan pelayannya. Melalui PT. TransNusa Aviation Mandiri,  semua armada pesawat ini dioperasikan full dengan jangkauan layanan tidak hanya di Bali Nusra tetapi juga di Sulawesi dan kota-kota di pulau Jawa

Rute TransNusa Makasar-Maumere-Kupang dilayani setiap hari menggunakan pesawat jenis ATR72-600. TransNusa terbang langsung  dari Makasar ke Maumere pagi jam 05.40. Mendarat di Bandara Frans Seda Maumere jam 07.05 selanjutnya terbang ke Kupang dan tiba di Bandara Eltari Kupang jam 07.55. Pesawat yang sama langsung Terbang kembali dari Kupang ke Makasar jam 08.50 via Maumere dan tiba kembali disana pada pukul 11.15.

Selain rute ini, Kota-kota yang lain yang belum lama ini dibuka yakni Makasar- Labuan Bajo, Makasar-Tanah Toraja, Makasar – Wakatobi, Semarang- Cilacap dan rute-rute reguler dan charter fligth di kota lainnya di pulau Jawa dan Sumatera.

Untuk di propinsi Nusa  Tenggara Timur, hampir semua bandara didarati TransNusa misalnya di Atambua, Lembata, Larantuka, Maumere, Alor, Ende, Waingapu dan Soa-Ngada. Manajemen perusahan itu bahkan terus memantau dan mengevaluasi rute-rute potensial lainnya yang akan di layani TransNusa. Dalam waktu dekat, manajemen juga berencana membuka rute baru Kupang-Rote,PP,“ ujar Direktur TransNusa, Riswandi di Kupang belum lama ini. (tim/42na)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *