Inilah 7 Destinasi di TTU Yang Direkomendasi Wisatawan Asing Untuk Anda

Para Wisatawan mengunjungi Gua Bitauni.
Foto : doc.Fortuna

Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) di Propinsi Nusa Tenggara Timur kini makin seksi. Destinasi pariwisata unggulan daerah  itu yang selama ini mungkin masih terabaikan kini mulai terbuka luas ke mata internasional. Pemicunya adalah kehadiran 26 peserta Sail Indonesia 2018 dari 7 negara di dunia. Setibanya di Kupang dari Australia mereka memilih untuk berkunjung ke kabupaten TTU. Disana mereka mengeksplore sejumlah destinasi wisata paling favorite di daerah itu selama beberapa hari.

Wisatawan ketika mengunjungi anak-anak sekolah SDK Fatuhao. Foto ; Doc.Fortuna

Sebagaimana diketahui, usai Lego jangkar di perairan Wini tepatnya di Resort Marjon pada Minggu (5/8), rombongan wisatawan yang menggunakan 9 kapal layar mewah itu diterima secara adat oleh masyarakat dan pemerintah setempat dengan pengalungan selendang khas TTU. Selanjutnya mereka mulai berkunjung ke beberapa destinasi wisata unggulan daerah itu.

Niat mereka cuman satu yakni mengenal lebih dalam dan lebih lama ragam panorama wisata di kabupaten perbatasan Indonesia dan Timor Leste itu. Benar, mereka ingin  menikmati pesona alamnya, adat budayanya, baharinya dan tentu keramahtamahan masyarakatnya.

Wisatawan berbelanja di Pasar Rakyat di Kota Kefamenanu. Foto :doc.Fortuna

Selama 3 hari mereka berkeliling, mereka nampak puas dan senang. Keterbatasan sarana prasarana menuju destinasi wisata, kondisi objek wisata yang apa adanya serta jarak yang jauh dari satu lokasi wisata ke lokasi wisata yang lain ternyata tidak menjadi alasan bagi mereka untuk mengeluh. Keletihan perjalanan mereka terobati dan seakan terbayar ketika mereka sampe ke spot yang dituju. Unik dan menyenangkan!!  Mereka ingin skali mengabarkan semua pengalaman mereka ini ketempat asal mereka, ke sanak family dan tentunya siap menjadi Duta Wisata untuk mempromosikan kabupaten Timor Tengah Utara dinegaranya.

Paling tidak berikut adalah tujuh  destinasi wisata di TTU; sebuah kabupaten perbatasan Indonesia dan Timor Leste yang direkomendasikan para wisatawan asing itu untuk anda.

Ketujuh destinasi tersebut adalah  Pantai Wini, Pantai Tanjung Bastian dan Arena pacuan Kuda, Kampung Adat Tamkesi, Gua Maria Bitauni, Pasar Rakyat di Kota Kefamenanu, Pesona Mena Kaubele dan Spot Tuamese, serta panorama Alam Bawah Laut Batu Ro di desa Tuamese.

Menikmati Pacuan Kuda di Tanjung Bastian. Foto : doc.Fortuna

Tujuh lokasi ini bahkan dikunjungi semua peserta Sail Indonesia 2018 ketika berada di kabupaten TTU. Mereka sangat kagum, senang dan bangga meskipun harus berjalan jauh dan  berkeliling selama kurang lebih 3 hari

Bersama sang pemandu yang profesional Bung Redemptus Thaal, mereka menghabiskan tiga hari tour dengan sempurna dan menyenangkan. Pada hari pertama mereka menikmati pantai Wini, Perbatasan dan melihat kehidupan masyarakat setempat selain berkunjung ke Pantai Tanjung Bastian hingga sore hari yang bertepatan dengan penutupan turnamen pacuan kuda internasional memperebutkan Piala Bupati TTU. Hari kedua tour dimulai dari Wini mereka mengunjungi SDK Fatuhao, mengunjungi kampung adat Tamkesi, ke Gua Maria Bitauni, dan beranjangsana ke pasar rakyat di Kota Kefamenanu. Hari ketiga tour wisata dilanjutkan dari Wini ke Mena Kaubele dan  Tuamese serta menyelami alam bawah laut di pantai Batu Ro.

Wisatawan mengunjungi Kampung Adat tamkesi di Biboki Selatan.                         Foto : doc.Fortuna

Pada hari keempat pemerintah setempat menggelar makan malam (galla dinner) bersama para peserta yang dipusatkan di Resort  Marjon Wini. Hadir pada acara itu Asiten 1 Setda TTU Willy Apaut,  Sekretaris Dinas Pariwisata TTU Yoaneta Kono, Camat Insana Utara Dominikus Sio, Danramil Insana Utara, Kapolsek Insana Utara, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat setempat. Acara ini diisi dengan pentas seni budaya dan sambutan-sambutan dari unsur pemerintah maupun perwakilan dari peserta Sail Indonesia.

Doc. Fortuna

Asisten 1 Setda TTU, Willy Apaut dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan selamat menikmati pesona alam, bahari dan budaya kabuapten TTU. Dia mengajak para peserta Sail Indonesia yang hadir saat itu untuk mempromosikan kepada teman, keluarga dan sanak famili tentang pesona TTU di negara masing-masing.

Pose Bersama di sela-sela menikmati Galla Dinner di Resort Marjon, Wini.                     Foto : Isak-fortuna

Kepada Fortuna, para peserta Sail Indonesia (sailors) mengaku sangat menyenangkan berada di tempat itu. Kesan para sailors sangat puas dengan pelayanan pemerintah masyrakat dan guide yang mendampingi mereka selama berada di kabupaten TTU.  Mereka sungguh menikmati keindahan alam, bahari dan budaya rakyat TTU. Sebagai wisatawan yang bertahun-tahun  mengelilingi perairan dunia mereka berjanji akan datang lagi.

Upacara Penyambutan di Pantai Wini. Foto ; Doc. Fortuna

Hal itu diungkapkan perwakilan delegasi Sail Indonesia Mrs.Trecei dari Amerika. Trecei sendiri sebagai seorang wartawan sebuah media ternama di Amerika mengaku senang dan bangga bisa bersama keluarganya berlibur ke kabupaten TTU dan mengenal aneka pesona wisata wilayah itu. (tim/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *