PARIWISATA LOMBOK – KUPANG TERKONEKSI LANGSUNG

Pose Bersama GM Angkasa Pura Lombok I Gusti Ngurah Ardita, Asisten III Setda Prop NTT Stef Ratu Oedjo, GM Wings Air Kupang Rinus Zebua dan para petinggi lainnya dalam Acara Seremonial Penerbangan Perdana Winga Air Kupang- Lombok belum lama ini. foto : Fidel Fortuna

Pariwisata Indonesia kini terus bergiat dengan terus menjadikan Bali sebagai central pertumbuhan binsis pariwiasta. Daerah-daerah yang dipasitkan lebih mudah “terjangkit virus” kemajuan industri ini adalah Lombok di Nusa Tenggara Barat dan kota-kota di Propinsi Nusa Tenggara Timur yang adalah bagian dari daerah kepulauan Sunda Kecil.

Saat ini ketiga propinsi ini sudah tekoneksi baik. Akses perhubungan darat laut dan udara begitu lancar. Kabar terbaru soal keneksi udara di tiga kota besar ini adalah dengan hadirnya pembukaan rute baru Kupang-Lombok secara langsung yang dilayani oleh Meskapai Penerbangan Wings Air, setiap hari, PP.

Design Pemasaran Produk-Produk Cinceramata Khas NTB di Lombok.
foto : Fortuna

Koneksi baru ini ditandai dengan pembukaan Penerbangan Perdana Wings Air yang dilakukan beberapa waktu lalu. Pesawat Wings Air ATR 72-600 yang membawa 65 orang penumpang ini lepas landas dari Bandara Internasional El Tari Kupang sekitar pukul 17:40. Ikut dalam rombiongan Joy Fligth ini yakni Aisten III Setda Propisi NTT Stef Ratu Oedjo, Pimpinan Lion Air Kupang Rinus Zebua, Para Pengurus ASITA NTT, serta 16 wartawan dari berbagai media cetak dan eletronik.

Hampir dua jam lamanya mengudara bersama pesawat berkapasitas 70 penumpang  ini terasa menyenangkan. Panorama alam kedua propinsi terpantau sangat indah dari balik kabin pesawat. Alam perbukitan dan gunung yang diselimuti hijauan rumput serta gumpalan awan putih semakin menambah khasanah wisata. Lepas dari teritorial NTT, mata pelanggan  Wings Air kembali dimanjakan suasana petang memasuki wilayah Sumbawa di Nusa Tenggara Barat. Ingin rasanya lebih lama mengudara.

Tepat pukul 19:40 pesawat ATR 72-600 ini mendarat mulus di Bandar Udara Internasional Praya Lombok. Rombongan GM Lion Air Kupang dan semua mitra kemudian disambut hangat oleh General Manager PT Angkasa Pura 1 Lombok, I Gusti Ngurah Ardita, Pimpinan Lion Air Lombok dan beberapa staf lainnya. Acara penyambutan diawali dengan pengalungan selendang khas Lombok kepada Asisten III Setda Propinsi NTT Stef Ratoe Oejoe, pimpinan Lion Air Kupang Rinus Zabua, Atase Perhubungan, dan juga kepada Pemred Fortuna, Fidelis N. Nogor mewakili kalangan media.

Acara kemudian dilanjutkan dengan seremonial penerimaan di ruang VIP Bandar Udara Internasional Praya Lombok. General Manager PT Angkasa Pura 1, I Gusti Ngurah Ardita ketika memberikan sambutan pada seremonial pembukaan rute baru Penerbangan Perdana Pesawat Wings Air Kupang-Lombok-Kupang saat  itu mengatakan rute baru Wings Air tersebut sangat strategis untuk pembangunan pariwisata di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Wartawan Media Cetak dan Elektronik dari Kupang foto bersama di Pintu Kedatangan Bandara Internasional Praya Lombok.
foto : Wilfrid Fortuna

Penerbangan rute baru ini juga mendapat support penuh dari pemerintah kedua wilayah. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagaimana disampaikan oleh Asisten III Setda NTT Stef Ratoe Oejoe memberi apresiasi atas langkah maju yang dilakukan manajemen Wings Air. Menurut stef, Lombok merupakan salah satu daerah dengan banyak objek wisata unggulan di Indonesia. NTT saat ini juga lagi giat-giatnya mengembangkan sector pariwisata. Dengan hadirnya armada dan konekstivitas udara ini maka dipastikan memberikan dampak terhadap peningkatan pembangunan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi untuk kedua daerah ini.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan NTT ini mengatakan selama ini penerbangan dari Kupang-Lombok maupun Lombok-Kupang harus melewati Denpasar atau Surabaya. Sekarang jarak dari dua provinsi ini menjadi lebih dekat dengan hadirnya rute baru yang dipelopori Wings Air. “Kita optimis wisatawan dari Lombok akan lebih mudah berkunjung ke sejumlah lokasi wisata di Nusa Tenggara Timur seperti Pulau Komodo dan Danau Kelimutu, sebaliknya wisatawan dari Kupang langsung bisa ke Lombok,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Lion Air Kupang Rinus Zebua mengatakan pembukaan rute baru Kupang-Lombok ini memberikan kemudahan bagi pelanggan Lion Air dan Wings Air yakni untuk keperluan wisata, keluarga maupun bisnis. Rute ini akan menstimulasi pertumbuhan ekonomi di dua kawasan ini sejalan dengan permintaan pasar, dan perjalanan dari kedua destinasi tersebut yang menunjukan pertumbuhan pergerakan penumpang yang cukup signifikan.

“Rute ini berpotensi bagus dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai potensi kedua destinasi tersebut dari sector logistic, perdagangan, pendidikan, industry serta pariwisata.  Intinya koneksi dua daerah dengan potensi wisata yang memadai ini terbuka dan kami siap mendukung,”ungkap Rinus.

Sentra Oleh-Oleh Khas Lombok. Di Galery SASAKU ini Anda bisa menemukan semua Cinderamata yang diproduksi masyarakat Nusa Tenggara Barat.
foto : Fortuna

Untuk diketahui, perusahan ini terus berkomitmen untuk melebarkan sayap bisnisnya ke seluruh penjuru dunia. Selain menerbangi Anabas (Riau), Danggo Sikep (Kepri), Rengat (riau), pulau Karimunjawa dan beberapa daerah lainnya, maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group ini akan mendarati di 110 bandara kecil di seluruh Indonesia yang segera dibuka pemerintah. Evaluasi sudah dilakukan ke sejumlah bandara yang akan siap didarati pesawat. Tidak hanya di Indonesia namun juga perusahan Lion Air Group ini sudah melebarkan sayap bisnisnya sampai ke dunia internasional, yakni; Penang, Singapura, dan Hongkong. (Wilfrid/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *