10 Tips Traveling Asyik di Pulau Flores

Belakangan, banyak wisatawan memilih Flores dibandingkan pergi ke Yogyakarta atau Bali. Tapi, tak sedikit wisatawan yang ragu karena takut menghabiskan biaya yang besar. Untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut, berikut ikuti 10 TipsTraveling Asyik ke Flores yang ditulis Harry Jonathan dari detikTravel Community untuk anda.

Wisata di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur sedang menggeliat. Banyak traveler domestik dan mancanegara berbondong-bondong datang untuk menyaksikan keindahan alam di sana. Namun, minimnya informasi akan biaya dan akses untuk bisa berlibur di Flores kadang menciutkan niat mereka.

Tak perlu takut, sebab ada tips bagi Anda yang ingin traveling ke Pulau Flores. Seperti yang dikumpulkan pada Jumat (25/1/2013) berikut ini:

1. Awali perjalanan dari Maumere

Penerbangan ke Flores memang sepi dari promo, tidak seperti Lombok atau Bali yang sudah memiliki jaringan luas. Untuk penerbangan ke Flores, Anda harus memastikan dulu kota yang akan menjadi start perjalanan. Memulai perjalanan dari Maumere akan lebih murah dibanding Labuan Bajo. Hal ini dikarenakan Labuan Bajo adalah kota wisata dengan frekuensi penerbangan yang masih sedikit.

2. Pilih transit di Kupang
Banyak maskapai yang melayani rute ke Kupang dari Jakarta. Pilihlah rute tersebut. Selain merupakan Ibukota NTT, dari Kupang kita akan memiliki banyak pilihan karena ada pesawat yang terbang hampir ke semua kota di Flores, mulai dari Larantuka sampai Labuan Bajo. Dibanding transit di Denpasar, di mana pilihan lebih terbatas dan hanya ke kota tertentu.

3. Makin banyak teman, makin murah
Ajaklah kerabat Anda untuk traveling bersama, sebab biayanya akan jauh lebih murah. Anda bisa sharing kamar, sharing mobil sewaan, sharing perahu untuk menjelajah pulau, atau sharing boat untuk trip ke Pulau Komodo. Semuanya akan lebih murah jika dibagi bersama. Jika tidak ada kerabat, Anda bisa pasang tawaran di milis, jejaring sosial, atau di status detikTravel. Grup yang paling pas sekitar 5 orang, karena akan pas di 1 mobil Kijang.

4. Manfaatkan transportasi umum

Tidak menemukan teman untuk sharing, jangan khawatir. Sebab antar kota-kabupaten di Flores ada angkutan umum yang siap membawa traveler. Ojek dapat disewa untuk mengantar kita ke objek wisata. Jangan lupa lakukan riset sebelum berangkat. Sekadar informasi, harga angkutan jenis travel dari Maumere-Labuan Bajo sekitar Rp 260 ribu.

5. Jangan takut mencoba makanan lokal

Walaupun masyrakatnya mayoritas Katolik, bagi Anda yang muslim, jangan takut mencoba makanan di Flores. Pilih ikan-ikan segar hasil pantai selatan atau utara Flores yang bisa dibakar sesuai selera. Rasanya tak kalah dengan Anda beli di restoran mewah di sana. Yummy!

6. Pilih operator wisata lokal
Untuk perjalanan ke Pulau Komodo ataupun Riung, ada banyak operator yang menawarkan jasa perjalanan. Bila ingin harga murah cobalah cari operator lokal, atau coba pasang iklan ajakan trip di Kota Labuan Bajo. Banyak turis mancanegara yang memasang ajakan serupa. Jadi, buka mata buka telinga untuk mengetahuinya.

7. Cermat memilih hostel
Hostel memang identik dengan harga murah. Tapi, bukan berarti kita akan mendapatkan kamar yang murahan. Kita bisa selektif dengan meminta agar ditunjukkan kamarnya sebelum membayar. Sehingga kita akan mendapatkan perbandingan langsung dan tidak membeli ‘kucing dalam karung’. Hampir di seluruh kota di Flores ada hotel murah/hostel yang cukup bersahabat.

8. Pastikan rute perjalanan membentuk loop
Jangan sampai saat traveling di Flores kita mengulang jalur perjalanan. Buatlah rancangan perjalanan di peta membentuk loop. Ini pasti lebih efektif, baik dari segi biaya maupun waktu. Disarankan memulai perjalanan dari timur (Larantuka/Maumere) dan mengakhirinya di barat(Labuan Bajo)

9. Jangan takut menawar

Wisata di Flores baru mulai bergeliat. Untuk itu kita harus pintar-pintar menawar agar tidak terjebak dengan harga yang membuat kantong jebol. Usahakan tetap senyum dan tidak menawar hingga harga yang sangat rendah. Sebab banyak juga dari penjual suvenir di sini tergolong masyarakat kurang mampu di keseharianny. Eits, taktik ‘pura-pura pergi’ juga berlaku di sini.

10. Hindari musim liburan

Hindari musim liburan di Flores, yaitu pada saat liburan sekolah dan Natal. Di waktu-waktu tersebut, mayoritas penduduk Flores melakukan tradisi mudik. Jadi, beberapa tempat wisata akan ramai dan dan harga-harga menjadi mahal. Di waktu lainnya, perhatikan juga soal cuaca.

Demikian 10 tips agar liburan di Pulau Flores bisa maksimal. Semoga makin banyak traveler yang tergoda untuk menjelajah indahnya Pulau ini. Selamat traveling! (Sumber : detikTravel Community)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *