Magnet Wisata Riang Pedang- Ile Padung

Tarian Khas Penyambutan Tamu dari masyarakat Ile Padung.
foto : Adiz fortuna

Desa tradisional Riang Pedang-Ile Padung berlokasi di pesisir utara pulau Flores, tepatnya di kecamatan Lewolema, kira-kira 20 km dari kota – ibukota kabupaten Flores Timur. Dapat dijangkau menggunakan mobil dan sepeda motor sekitar 20-30 menit perjalanan dari pusat Kota. Apa yang yang bisa anda nikmati dikampung nan indah ini? Ya Riang Pedang menawarkan segudang atraksi wisata dan pesona alam yang sungguh sayang bila tidak dinikmati.

Tradisi budaya, adat istiadat leluhur dan kearifan lokal yang masih dipertahankan hingga kini serta arsitektur desa yang pernah menjadi korban Tsunami 1992 silam ini seakan memberikan nuansa primitif bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Berdiri kokoh sebuah rumah adat “Korke atau Lango Belen” berusia ratusan tahun yang berada tepat di tengah desa. “Korke atau Lango Belen” digunakan sebagai tempat berlangsungnya segala jenis upacara adat suku Lamaholot yang mendiami desa ini.

Beberapa tarian adat yang sering dipertunjukkan ketika menyambut tamu adalah UAJO (tarian sambutan mengiringi langkah masuk tamu ke desa, diperagakan oleh gadis-gadis cilik dan wanita dewasa), SEMORAK (tarian perang, diperagakan oleh para pria dewasa). tarian diiringi dengan tabuhan gong dan gendang khas suku Lamaholot. Atraksi utama yakni upacara “MASO MINTA”, upacara adat meminang si Gadis disertai iring-iringan keluarga pihak pria yang membawa mas kawin “Belis” salah satunya berupa Gading Gajah yang jumlahnya disesuaikan dengan permintaan pihak wanita.

Pejabat dari Lingkup Pemkab Flores Timur menyambut ramah wisatawan ketika berkunjung ke wilayah itu.
foto : Adiz Fortuna

Di desa ini wisatawan juga dapat menyaksikan proses pembuatan tenun ikat dan proses pembuatan biji mente yang diolah menjadi makanan ringan.

Keindahan alam desa yang terletak di bawah kaki Gunung “Ile Padung” ini juga tidak kalah menarik dengan atraksi wisatanya. Hamparan pasir yang membentang sepanjang “Teluk Hading” dengan deburan ombak laut Flores yang menantang, mata air panas alami yang menyembur di pesisir pantai serta panorama sunset yang indah, membuat Riang Pedang menjadi desa wisata Flores Timur yang tak tertandingi. Riang Pedang- Ile Padung bahkan pernah manyabet penghargaan sebagai Desa Wisata Terbaik peringkat IV Nasional pada 23 Nov 2013 yang dikukuhkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Yogyakarta, (Adiz/42na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *